DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Peran Pendidikan Ekonomi Dalam Mewujudkan Pembelajaran Berwawasan Lingkungan di Sekolah Adiwiyata (Studi Multikasus Pada SMAN 5 Dan SMAN 7 Malang

Muhammad Romdhani Dzulfikar, Muhammad Romdhani Dzulfikar

Abstrak


ABSTRAK

 

Romdhani, Muhammad. 2015. Peran Pendidikan Ekonomi Dalam Mewujudkan

Pembelajaran Berwawasan Lingkungan Pada Sekolah Adiwiyata (StudiMultikasus Pada SMAN5 dan SMAN 7 Malang). Tesis Program StudiPendidikan Ekonomi, Pascasarjana Universitas Negeri MalangPembimbing: (I) Prof. Dr. Wahjoedi, M.E., (II)  Dr. Hari Wahyono, M.Pd

Kata Kunci: peran, pendidikan ekonomi, pembelajaran berwawasan

lingkungan, sekolah adiwiyata

Bentuk peran pendidikan ekonomi dalam mewujudkan pembelajaranekonomi berwawasan lingkungan merupakan pembelajaran ekonomi yang dalam

pelaksanaannya diintegrasikan pembelajaran berwawasan lingkungan agar pesertadidik memiliki karaker , sikap dan perilaku serta tanggung jawab terhadapmasalah ekonomi dan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti peranpembelajaran ekonomi berwawasan lingkungan di SMA adiwiyata di kota malang

salah satunya yaitu SMA Negeri 5 Malang dan SMA Negeri 7 Malang.

Fokus penelitan ini adalah 1) mengetahui bagaimana pemahaman danbentuk komitmen guru dalam mewujudkan pembelajaran ekonomi berwawasan

lingkungan; 2) mengetahui bagaimana penananaman kesadaran peserta didik

dalam mewujudkan pembelajaran berwawasan lingkungan; 3) mengetahui bagaimana peran pendidikan ekonomi dalam mewujudkan pembelajaran

berwawasan lingkungan.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan

pendekatan fenomenologi. Sumber data dalam penelitian ini adalah Waka

kurikulum, guru ekonomi, guru pembina adiwiyata dan siswa. Prosedur

pengumpulan yang digunakan berupa observasi, wawancara mendalam dan

dokumentasi. Analisis data penelitian menggunakan analisis deskriptif kualitatif

dan bersifat induktif.Pengecekan keabsahan dilakukan dengan triangulasi sumber

data dan member check.

Hasil penelitian di SMAN 5 menunjukkan bahwa (1) pemahaman dan

bentuk komitmen guru dalam mewujudkan pembelajaran berwawasan lingkungan

ditunjukan dengan peran serta guru dalam melaksanakan visi, misi, dan tujuan

sekolah Adiwiyata. Peran serta tersebut tertuang dalam kegiatan terstruktur

sekolah. (2) penananaman kesadaran peserta didik ditunjukan dengan kegiatan

aktif siswa serta pengetahuan siswa sendiri terkait dengan kesadaran terhadap

lingkungan. Seperti kegiatan siswa yang menerapkan program sekolah peduli

lingkungan. (3) Peran Pembelajaran ekonomi berwawasan lingkungan di SMA

Negeri 5 dimasukkan ke dalam materi sehari-hari yang dekat dengan siswa, selain

dalam mata pelajaran inti pembelajaran berwawasan lingkungan juga diterapkan

pada kegiatan ekstra kurikuler

Hasil penelitian di SMAN 7 menunjukkan bahwa (1) pemahaman dan

bentuk komitmen guru dalam mewujudkan pembelajaran berwawasan ditunjukan dengan peran serta dalam melaksanakan visi, misi, dan tujuan sekolah Adiwiyata.

(2) penanaman karakter peserta didik ditunjukan oleh sikap kepedulian siswa

terhadap lingkungan sekitar dan terlaksananya pokja- pokja lingkungan hidup. (3)

Peran pembelajaran ekonomi  dalam mewujudkan pembelajaran berwawasan lingkungan tidak hanya dilakukan pada masing- masing mata pelajaran, akan

tetapi pada kegiatan ekstrakulikuler juga di terapkan. Pada materi pelajaran

dilakukan dengan pembelajaran sehari- hari, sedangkan pada kegiatan

ekstrakulikuler dilakukan dengan adanya pokja- pokja