DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kontribusi Pengalaman Praktik Unit Produksi, Soft Skill, dan Pengalaman Prakerin terhadap Kompetensi Siswa Serta Dampaknya pada Kesiapan Kerja Siswa SMK Kompetensi Keahlian Tata Boga

Dyah Ayu Paramitha

Abstrak


ABSTRAK

 

Paramitha, DyahAyuPradnya. 2015. KontribusiPengalamanPraktik Unit Produksi, Soft Skill, danPengalamanPrakerinterhadapKompetensiSiswasertaDampaknyapadaKesiapanKerjaSiswa SMKPaketKeahlianJasa Boga.PascasarjanaUniversitasNegeri Malang.Pembimbing: (I) Dr. H. DwiAgusSudjimat, S.T, M.Pd, (II) Dr. H. Rina Rifqie Mariana, M.P.

 

Kata kunci: pengalamanpraktik unit produksi, soft skill, pengalamanprakerin, kompetensisiswa,kesiapankerja

 

Pendidikanmerupakansarana yang tepatuntukmemperolehbekalilmupengetahuan, sikap, nilai-nilaikecakapanhidupsertaketerampilan yang diperlukandalamkehidupan.Siswa yang telahmemperolehbekalilmupengetahuandanketerampilandiharapkanakanmemilikikesiapankerja.Pengetahuan yang diperolehdarisuatumatapelajarankejuruanbelumcukupsebagaibekaluntukmemasukiduniakerja, sehinggadiperlukandukunganketerampilandaripraktik unit produksidanpraktikkerjaindustrisertasoft skillsiswa.

Penelitianinibertujuanuntukmengetahuikontribusiantaravariabeleksogenterhadapvariabel endogen.Variabeleksogen yang dimaksudadalahpengalamanpraktik unit produksi (X1), soft skillsiswa (X2), danpengalamanprakerin (X3), sedangkanvariabelendogennyaadalahkompetensisiswa (Y), sertakesiapankerja(Z). penelitianinimenggunakanpendekatankuantitatifdenganmetodesurvei. PopulasipenelitianadalahsiswaPaketKeahlianJasa Boga di SMKN 2 Malang dan SMKN 3 Malang.Sampelpenelitiansebanyak 122 responden yang ditentukandenganteknikproportional random sampling.Teknikpengumpulan data menggunakanangketdandokumentasi, sedangkanteknikanalisis data yang digunakanadalahanalisisjalur.Pengujianpadaanalisisjalurterbagimenjadiduayaitusecarasimultandan individual.

Berdasarkanhasilanalisisdata diperolehkesimpulan (1) terdapatkontribusi yang signifikanantarapengalamanpraktik unit produksiterhadapkompetensisiswasebesar3,59%; (2) terdapatkontribusi yang signifikanantarasoft skillterhadapkompetensisiswasebesar62%; (3)terdapatkontribusi yang signifikanantarapengalamanprakerinterhadapkompetensisiswasebesar31,9%; (4)terdapatkontribusi yang signifikanantarapengalamanpraktik unit produksiterhadapkesiapankerjasebesar3,55%; (5)terdapatkontribusi yang signifikanantarasoft skillsiswaterhadapkesiapankerjasebesar13,2%; (6)terdapatkontribusi yang signifikanantarapengalamanprakerinterhadapkesiapankerjasebesar23,7%; (7)terdapatkontribusi yang signifikanantarakompetensisiswaterhadapkesiapankerjasebesar55,1%; (8)terdapatkontribusi yang signifikanantarapengalamanpraktik unit produksi, soft skillsiswa, danpengalamanprakerinterhadapkompetensisiswasebesar98,2%;dan (9)terdapatkontribusi yang signifikanantarapengalamanpraktik unit produksi, soft skillsiswa, pengalamanprakerindankompetensisiswaterhadapkesiapankerjasebesar98,7%. Berdasarkankesimpulantersebutdiajukan saransebagaiberikut: 1)bagisekolah, untuklebihmeningkatkankegiatanpraktik unit produksi,prakerin, dansoft skillsiswasehinggakompetensisiswadankesiapankerjasiswamenjadilebihbaik; 2)bagipenelitiselanjutnya, menggunakansubjekpenelitian di wilayah yang lebihluas, dapatmengkombinasikanmetodepenelitiankuantitatifdenganmetodepenelitiankualitatif agar hasilpenelitianlebihspesifik.