DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

pengaruh pengalaman belajar di bidang keahlian Tata Busana, pengetahuan perkembangan tren fashion, pengetahuan tentang dunia kerja dan self efficacy terhadap sikap produktif siswa

Ajeng Atma Kusuma

Abstrak


ABSTRAK

Kusuma, AjengAtma. 2015. Pengaruh Pengalaman Belajar di Bidang Keahlian Tata Busana, Pengetahuan tentang Perkembangan Trend Fashion, Persepsi tentang Dunia Kerja dan SelfEfficacy terhadap Sikap Produktif  Siswa (Studi pada SMK Negeri Program Studi Tata Busana Siswa kelas XII se-Kota Malang) Tesis, Program Studi Pendidikan Kejuruan, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Ir. H. DjokoKustono, M.Pd., (II) Dr. Dra. Mazarina Devi, M.Si.

 

Kata Kunci: pengalaman belajar, pengetahuan tentang trend fashion, persepsi tentang dunia kerja, self efficacy, sikap produktif.

 

Pendidikan kejuruan merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik untuk bekerja dalam bidang tertentu.Salah satu upaya untuk mewujudkan tujuan pendidikan tersebut adalah menyiapkan siswa agar mempunyai jiwa wirausaha. Program Studi Tata Busana di SMK Negeri se-Kota Malang memiliki unit produksi sebagai tempat belajar siswa mengelola usaha di bidang busana. Permasalahan yang terjadi adalah siswa kurang dapat memanfaatkan unit produksi tersebut dengan baik, karena siswa masih belum memiliki sikap produktif yang baik.Berdasarkan kajian teori terdapat beberapa hal yang dapat mempengaruhi pengalaman belajar siswa yaitu, pengalaman belajar di bidang Keahlian Tata Busana, pengetahuan perkembangan trend fashion, pengetahuan tentang dunia kerja dan self efficacy. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh langsung dan tidak langsung masing-masing variabel pengalaman belajar di bidang Keahlian Tata Busana, pengetahuan perkembangan trend fashion, pengetahuan tentang dunia kerja dan self efficacy terhadap sikap produktif siswa.

Penelitian ini merupakan penelitian konfirmatori dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Berdasarkan cara pengambilan data termasuk pada jenis penelitian survai. Populasi penelitian ini adalah siswa SMK kelas XII Tata Busana di SMK Negeri se-Kota Malang Tahun Pelajaran 2015/2016 berjumlah  160 siswa dan jumlah sampel sebanyak 114 responden. Data kuantitatif dalam penelitian ini dianalisis dengan SEM (Structural Equation Modeling) menggunakan software AMOS 23.0.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) pengalaman belajar di bidang Keahlian Tata Busana berpengaruh signifikan  terhadap self-efficacymaupun sikap produktif siswa,  2) pengalaman belajar di bidang Keahlian Tata Busana berpengaruh signifikan terhadap sikap produktif melalui self-efficacy siswa, 3) pengetahuan perkembangan trend fashion berpengaruh signifikan terhadap self-efficacy maupun sikap produktif  siswa, 4) pengetahuan perkembangan trend fashion berpengaruhsignifikan terhadap sikap produktif melalui self-efficacy, 5) pengetahuan siswa tentang dunia kerja berpengaruh signifikan terhadap self-efficacymaupun sikap produktif  siswa, 6) pengetahuan siswa tentang dunia kerja berpengaruh signifikan terhadap sikap produktif melalui self-efficacy siswa, dan 7) self-efficacyberpengaruh signifikan terhadap sikap produktif  siswa.