DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Keefektifan Konseling Kelompok Cognitive Behavior Untuk Mereduksi Perilaku Konsumtif Siswa SMA

Kadek Abidyani Tata Letyzia

Abstrak


ABSTRAK

 

Letyzia, KadekAbidyani Tata, 2015,Keefektifan Konseling Kelompok Cognitive BehaviorUntuk MereduksiPerilakuKonsumtifSiswa SMA. Tesis, Program Studi Bimbingan danKonseling. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr.BlasiusBoliLasan, M.Pd, (II) Dr. Carolina LigyaRadjah, M.Kes.

 

Kata kunci: konseling kelompok cognitive behavior, perilakukonsumtif, siswa SMA.

 

Perilakukonsumtifbanyakmenimpasebagianbesarkalanganremaja.Banyak remaja terpengaruh oleh iklan, media dan majalah remaja yang mengeksploitasi gaya hidup mewah, sehingga mengakibatkan para remaja selalu ingin mengkonsumsi produk yang dapat meningkatkan gaya hidupnya dan mendapatkan pengakuan sosial dari teman sebaya. Hal tersebut terjadi dikarenakan timbulnya pikiran irasional pada remaja yang tidak ingin diremehkan oleh orang lain jika tidak mengikuti trend saat ini. Sehingga remaja selalu ingin tampil beda dari orang lain yang memunculkan emosi tidak puas terhadap diri sendiri dan timbul perilaku konsumtif dengan membeli barang-barang secara berlebihan yang tidak sesuai dengan kebutuhan. TujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuikeefektifanKonseling Kelompok Cognitive Behavioruntuk mereduksiperilakukonsumtif siswa SMA.

Penelitian inimenggunakan rancangan eksperimendengandesainpretest and posttest control group.Subjek yang diberikan intervensi adalah enam siswa kelas XII MIA SMA Negeri 1 Kuta Utara pada tahun pelajaran 2015/2016 yang memiliki tingkat perilaku konsumtif yang tinggi berdasarkan pengukuran skala perilaku konsumtif.Skala perilaku konsumtif memiliki nilai validitas butir total dengan nilai R di atas 0,3 danreliabilitas sebesar 0,868 yang berarti instrumen dapat memberikan hasil pengukuran yang dapat dipercaya dan layak digunakan sebagai alat pengumpul data.

Datadianalisisdengan uji statistik nonparametrik Two Independent Sample Test Mann Whitney U.Berdasarkan hasil analisis, maka dapat disimpulkan bahwa Konseling Kelompok Cognitive Behavior efektif untuk mereduksi perilaku konsumtif siswa SMA. Hasil analisis menunjukkan bahwa keenam konseli pada kelompok eksperimen mengalami penurunan tingkat perilaku konsumtif yang lebih signifikandibandingkankelompok control.

Berdasarkan hasi lpenelitian tersebut dapat disampaikan saran bagi konselor, yaitu Konseling Kelompok Cognitive Behavior dapat diterapkan oleh konselor sekolah untuk mereduksi perilaku konsumtif siswa SMA, dan dapat memanfaatkan hasil penelitian denga nmempelajari panduan pelaksanaan Konseling Kelompok Cognitive Behavior yang sudah teruji. Sedangkan bagi peneliti selanjutnya dapat menggunakan penelitian sejenis dengan jumlah subjek yang lebih besar atau sampel sekolah yang lebih luas, sehingga diperoleh hasil dan generalisasi yang lebih mantap.