DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Sikap Moral Anak Pemain Game Online di Desa SUmber Kecamatan Karangan Kabupaten Trenggalek

Nandang Prasetiyo

Abstrak


ABSTRAK

 

Prasetiyo, Nandang. 2015. Sikap Moral Anak Pemain Game Online di Desa Sumber Kec.  Karangan Kab. Trenggalek, Skripsi. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewrganegaraan. Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan, Fakutas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang, Pembimbing (1) Drs. Margono M.Pd., M.Si (2) Rusdianto Umar SH, M.Hum.

 

Kata Kunci: sikap moral, game online, peran orang tua, faktor pendorong

 

Sikap moral anak pemain game online mengacu pada perubahan sikap moral. Sikap moral anak-anak pemain game online dalam kehidupan seari-hari perlu pengawasan dan batasan dari orang tua dalam bermain game online. Orang tua harus bisa memberi batasan dan pengawasan yang tidak berlebihan dari orang tua anak-anak pemain game online.

Berdasarkan latar belakang masalah yang dibahas, tujuan penelitian ini, yaitu (1) bagaimana sikap moral anak pemain game online di desa Sumber kecamatan Karangan kabupaten Trenggalek? (2) faktor apa saja yang mendorong anak menjadi kecanduan bermain game online di desa Sumber kecamatan Karangan kabupaten Trenggalek? (3) bagaimana peran orang tua dalam melakukan pengawasan terhadap perilaku anak pemain game online di Desa Sumber Kecamatan Karangan Kabupaten Trenggalek?

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dan observasi. Proses pengumpulan data dalam penelitian kualitatif deskriptif peneliti menggunakan 3 teknik yaitu: observasi dengan peneliti melakukan pengamatan terhadap anak pemain game online, wawancara dengan peneliti melakukan wawancara .

Penelitian ini menghasilkan hal-hal sebagai berikut; Pertama, sikap moral anak pemain game online. Kedua, faktor pendorong anak menjadi kecanduan bermain game onlineadalah adanya ajakan dari teman sebaya dan adanya rasa penasaran untuk mencoba permainan baru.Ketiga, peran orang tua dalam melakukan pengawasan terhadap perilaku anak pemain game online. Dengan peran orang tua yang selalu melakukan pengawasan kegiatan anak-anaknya yang dilakukan ketika dirumah dan juga adanya batasan dari orang tua kepada anak-anaknya yang bermain game online karena kebiasaan untuk bermain game online. Penelitian ini menggunakan teknik analisis interaksi dari Miles dan Huberman, dikarenakan penelitian ini bisa berjalan dengan baik. Dalam melakukan pengecekan keabsahan data, peneliti menggunakan teknik triangulasi karena dengan triangulasi penelitian akan berjalan lebih cepat dan baik dengan melakukan pengecekan penelitian dengan teori, kemudian pengecekan antar data observasi dan data dokumentasi.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan disarankan untuk peneliti selanjutnya melakukan penelitian pada efek samping dari permainan game online kepada kepribadian anak, serta adanya penelitian tentang sikap moral anak tidak hanya kepada anak-anak tapi juga kepada usia remaja yang sekarang sedang banyak terjadi, karena permainan game online tidak hanya dimainkan oleh anak-anak tapi juga para remaja juga banyak yang bermain game online.