DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

ARGUMENTASI PADA TEKS PIDATO SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 RAMBIPUJI

BEBY DWI FEBRIYANTI

Abstrak


ABSTRAK

 

Febriyanti, Beby Dwi. 2015. Argumentasi pada Teks Pidato Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Rambipuji. Tesis. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Sunaryo, H.S., S.H., M.Hum., (II) Dr. Kusubakti Andajani, M.Pd.

 

Kata kunci: Argumentasi, teks pidato

 

Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan argumentasi dalam teks pidato siswa kelas X SMA Negeri 1 Rambipuji. Argumentasi merupakan retorika yang berisikan adanya suatu penjelasan, pembuktian, alasan yang digunakan untuk meyakinkan orang lain. Argumentasi dapat ditemui dalam berbagai macam wadah, salah satunya teks pidato. Argumentasi tidak dapat dipisahkan dengan penalaran, sebab penalaran merupakan proses berpikir logis menyusun fakta dan alasan untuk menghasilkan kesimpulan yang menjadi tujuan penulis. Penelitian ini diarahkan untuk mendeskripsikan muatan argumentasi dalam teks pidato siswa yang meliputi, (1) elemen-elemen argumentasi, (2) pola argumentasi, dan (3) teknik penalaran untuk mengembangkan argumentasi.

Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah teks pidato yang ditulis siswa kelas X SMA Negeri 1 Rambipuji, sedangkan data penelitian yang digunakan berupa kalimat atau susunan kalimat yang mengandung muatan argumentatif. Teks pidato yang dianalis sejumlah 50 teks. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Analisis data dilakukan dalam beberapa tahapan, (1) reduksi data dilakukan dengan memilih dan mengidentifikasi data yang sesuai dengan fokus penelitian, (2) menyajikan dan memaparkan keseluruhan data, (3) penarikan simpulan dari data yang telah diperoleh, terkait dengan elemen argumentasi, pola argumentasi, dan teknik penalaran.

Hasil penelitian ini membahas elemen, pola, dan teknik penalaran argumentasi. Pertama, tentang penggunaan elemen argumentasi pada teks pidato siswa yang mencakup (a) claim, claim nilai/claim fakta/claim kebijakan, (b) ground, (c) warrant, (d) backing, (e) qualifier, dan (f) rebuttal. Keenam elemen tersebut ditemukan pada teks pidato siswa. Kedua, tentang pola argumentasi teks pidato siswa yang diketahui membentuk pola I (C-G) hingga pola IV (C-G-W-B-Q). Pola I mengalami variasi dengan penambahan elemen qualifier dan rebuttal. Pola I variasi 1 (C-G-Q), pola I variasi 2 (C-G-R), pola I variasi 3 (C-G-Q-R). Pola II terdiri dari (C-G-W), juga mengalami variasi dengan adanya elemen qualifier dan rebuttal. Pola II membentuk variasi 1 (C-G-W-Q), pola II variasi 2 (C-G-W-R), dan pola II variasi 3 (C-G-W-Q-R). Pola III terdiri dari (C-G-W-B), hanya mengalami satu variasi dengan adanya elemen rebuttal, sehingga pola III variasi 1 (C-G-W-B-R). Pola IV pada teks pidato siswa terdiri dari (C-G-W-B-Q) tidak mengalami adanya variasi. Ketiga mengenai teknik penalaran pengembangan argumentasi yang terdiri atas (1) argumen dengan contoh, (2) argumen dengan analogi, (3) argumen dengan otoritas, (4) argumen dengan sebab, (5) argumen dengan deduktif.

Berdasarkan hasil pembahasan dan simpulan, dikemukakan beberapa saran. Saran tersebut ditujukan kepada guru Bahasa Indonesia, bahwa hasil analisis dan temuan data penelitian ini dapat dijadikan bahan referensi mengenalkan siswa pada elemen argumentasi, pola argumentasi, dan teknik penalaran dalam penyusunan argumentasi. Guru juga disarankan lebih melatih siswa agar tanggap dan peka pada peristiwa di sekitarnya, sebab hal itu dapat dijadikan bahan siswa untuk keperluan argumennya. (2) peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan penelitian lebih lanjut terkait dengan argumentasi ataupun penalaran pada objek yang berbeda dengan pembahasan yang lebih luas.