DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Multimedia Materi Sumber Daya Alam untuk Siswa SMA Kelas XI

AGHATA ARCHENTA TUMENGKOL

Abstrak


ABSTRAK

 

Tumengkol, Aghata Archenta. 2015. Pengembangan Multimedia Materi Sumber Daya Alam untuk Siswa SMA Kelas XI. Tesis, Program Studi Pendidikan Geografi, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Ach. Amirudin, M.Pd, (II) Dr. Singgih Susilo, M.S. M.Si.

 

Kata Kunci: pengembangan, multimedia, sumber daya alam

 

Pengembangan multimedia materi sumber daya alam dalam pembelajaran geografi sangat perlu dilakukan. Hal ini didasarkan pertimbangan, bahwa: (1) penjelasan minim dalam buku teks dapat disediakan, (2) penyajian materi secara verbal dapat diefektifkan melalui media, (3) materi sumber daya alam yang sulit didapat di lingkungan sekolah dan sekitar dapat disajikan, (4) sikap positif, minat dan atensi siswa untuk belajar dapat ditingkatkan. Oleh karena itu, penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia pembelajaran yang dapat membantu memudahkan siswa memahami materi.

Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model prosedural, yaitu: model Borg dan Gall yang disederhanakan menjadi tujuh tahap, yaitu: (1) studi pendahuluan, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk, (4) validasi, (5) revisi produk, (6) uji coba lapangan, (7) revisi akhir.Proses pembuatan produk menggunakan perangkat lunak AutoPlay Media 8.Hasil produk yang dikembangkan adalah aplikasi multimedia berupa CD (Compact Disk) pembelajaran materi sumber daya alam untuk siswa SMA kelas XI.Validitas produk dilakukan oleh ahli materi dan media pada tahap pengembangan untuk mengetahui tingkat kelayakkan sebelum di ujicoba lapangan. Ujicoba lapangan dilakukan pada 23 siswa kelas XI IPS di SMA Yadika Langowan. Hasil ujicoba lapangan dengan 5 indikator menunjukan presentase kelayakkan produk sebesar 86,08% dan ketuntasan klasikal dari tes pemahaman materi adalah 86,95%.Hasil tersebut menyatakan bahwa  pengembangan produk sudah baik dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Revisi produksetelah ujicoba lapangan dilakukan berdasarkan saran dan masukan siswa.

ABSTRACT

 

Tumengkol, Aghata Archenta. 2015. The Development of Multimedia in Natural Resources Materialfor High School Students of Class XI. Thesis, Geography Education Courses, Graduate Program,State University ofMalang. Advisors: (1) Dr. Ach. Amirudin, M.Pd, (II) Dr. Singgih Susilo, M.S, M.Si.

 

Keywords:development, multimedia, natural resources

 

The development of multimedia in the learning of geography in material of natural resources is very necessary. It is based on the consideration that:(1) an explanation in text books can be provided, (2) the presentation of the material verbally can be effected through the media, (3) the material natural resources hard to get in and around the school environment can be presented, (4) a positive attitude, interest and attention students to learn can be improved. Therefore, the aim of this research and development is multimedia learning can help facilitate the students to understand the material.

This research and development using procedural models, namely: Borg and Gall, simplified into seven stages, namely: (1) preliminary studies, (2) planning, (3) product development, (4) validation, (5) revision of the product, (6) field trials, (7) final revision. The process of making products using software AutoPlay Media 8. The result of the product being developed is the application of the multimedia in the form of a CD (Compact Disk) learning material natural resources for high school students of Class XI.

The validity of the product carried out by the experts of the material and the media on the development stage to determine the feasibility before the field trials. Field trials was conducted on 23 students of class XI IPSSMA YadikaLangowan. Results of field trials with 5 indicator shows the percentage of the feasibility of products amounted to 86.08% and classical completeness understanding of the material when test is 86,95%. The results stated that the development of the product is already good and deserve to be used in learning. Revision of the product after the trial field is done based on the advice and input of students.