DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Kapabilitas Kepemimpinan Kepala Madrasah, Iklim Madrasah, Harapan, dan Kualitas Mengajar Guru dengan Keefektifan Madrasah pada Madrasah Tsanawiyah Negeri Se-Malang Raya.

KHAIRUL - ANAM

Abstrak


ABSTRAK

 

Anam, Khairul. 2015. Hubungan Kapabilitas Kepemimpinan Kepala Madrasah, Iklim Madrasah, Harapan, dan Kualitas Mengajar Guru dengan Keefektifan Madrasah pada Madrasah Tsanawiyah Negeri Se-Malang Raya. Disertasi, Program Studi Manajemen Pendidikan, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. H. Ahmad Sonhadji K.H., M.A, Ph.D., (II) Prof. Dr. Ali Imron, M.Pd., M.Si., (III) Dr. Kusmintardjo, M.Pd.

 

Kata kunci :   kapabilitas kepemimpinan, iklim madrasah, harapan, kualitas mengajar guru, keefektifan madrasah, sekolah efektif

 

Menghindari globalisasi sebagai proses alami ataupun menghilangkan sama sekali dampak negatif globalisasi itu tidak mungkin. Masyarakat Indonesia harus menghadapi globalisasi serta menerima segala dampaknya, baik negatif maupun positif. Oleh karena itu, tantangan yang harus dipecahkan adalah memanfaatkan semaksimal mungkin dampak positif (peluang) globalisasi itu dan meminimalkan dampak negatif (ancaman). Para pengelola lembaga pendidikan harus bisa menjawab tantangan itu. Lembaga pendidikan harus dapat menyiapkan lulusan yang bisa survive pada era globalisasi, lulusan yang dapat memainkan peranan penting dalam kehidupan global tanpa kehilangan jati dirinya sebagai muslim Indonesia. Oleh sebab itu, efektivitas pendidikan madrasah harus dijaga dan ditingkatkan untuk menjawab tantangan tersebut. Tujuan pendidikan di madrasah adalah supaya para lulusan madrasah dapat hidup bahagia di dunia (yang diukur dari keadaan ekonomi dan materi) dan di akhirat nanti (yang diukur dari ketaatannya pada agama). Hal ini semakin memperkuat keinginan peneliti untuk meneliti masalah keefektifan pendidikan madrasah.

Oleh sebab itu, dalam penelitian ini peneliti meneliti hubungan kapabilitas kepemimpinan kepala madrasah, iklim madrasah, harapan, dan kualitas mengajar guru dengan keefektifan madrasah pada madrasah tsanawiyah negeri di malang raya. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tentang kapabilitas kepemimpinan kepala madrasah, iklim madrasah, harapan, kualitas mengajar guru, keefektifan madrasah di MTs Negeri se-Malang Raya, serta memperoleh kejelasan hubungan antara masing-masing variabel tersebut. Populasi penelitian adalah guru madrasah tsanawiyah negeri se-Malang Raya dari sembilan kecamatan yang berbeda, baik yang berstatus PNS maupun non-PNS. Instrumen penelitian ini berbentuk kuesioner dan lembar penilaian.

Terkait dengan masalah penelitian, diperoleh hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, di Malang Raya rata-rata iklim madrasah tergolong terbuka dan rata-rata tingkat kapabilitas kepemimpinan, harapan, kualitas mengajar guru, dan keefektifan madrasah juga tergolong tinggi. Kedua, kapabilitas kepemimpinan kepala madrasah secara parsial memiliki pengaruh langsung yang signifikan terhadap keefektifan madrasah. Ketiga, secara parsial iklim madrasah memiliki pengaruh langsung yang signifikan terhadap keefektifan madrasah. Keempat, secara parsial harapan memiliki pengaruh langsung yang signifikan terhadap keefektifan madrasah. Kelima, secara parsial kualitas mengajar guru memiliki pengaruh langsung yang signifikan terhadap keefektifan madrasah. Keenam, secara parsial kapabilitas kepemimpinan kepala madrasah juga memiliki pengaruh langsung yang signifikan terhadap iklim madrasah. Ketuju, secara parsial kapabilitas kepemimpinan kepala madrasah juga memiliki pengaruh langsung yang signifikan terhadap harapan tentang prestasi belajar siswa. Kedelapan, secara parsial kapabilitas kepemimpinan kepala madrasah juga memiliki pengaruh langsung yang signifikan terhadap kualitas mengajar guru. Kesembilan, secara parsial iklim madrasah juga berpengaruh langsung secara signifikan terhadap harapan tentang prestasi siswa. Kesepuluh, secara parsial iklim madrasah berpengaruh langsung secara signifikan terhadap kualitas mengajar guru. Kesebelas, secara parsial harapan tentang prestasi belajar siswa juga memiliki pengaruh langsung yang signifikan terhadap kualitas mengajar guru. Kedua belas, ternyata kapabilitas kepemimpinan juga bisa memberikan pengaruh tak langsung terhadap keefektifan madrasah, yakni melalui iklim madrasah. Ketiga belas, ternyata kapabilitas kepemimpinan juga bisa berpengaruh secara tak langsung terhadap keefektifan madrasah, melalui kualitas mengajar guru. Keempat belas, kapabilitas kepemimpinan juga bisa memberikan pengaruh tak langsung terhadap kualitas mengajar guru, melalui iklim madrasah. Kelima belas, ternyata iklim madrasah juga memiliki pengaruh tak langsung terhadap keefektifan madrasah melalui kualitas mengajar guru.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disarankan bahwa jika ingin meningkatkan keefektifan madrasah di MTsN di Malang Raya, maka kapabilitas kepemimpinan kepala madrasah, iklim madrasah, harapan, dan kualitas mengajar guru harus dibenahi dan ditingkatkan lebih dahulu. Kapabilitas kepemimpinan adalah hal pertama yang harus dibenahi dan ditingkatkan karena berpengaruh langsung terhadap iklim madrasah, harapan, dan kualitas mengajar guru. Dengan demikian, disarankan kepada para kepala madrasah supaya memperbaiki kualitas dan kapabilitas kepemimpinannya lebih dulu sebelum menuntut perbaikan kepada para bawahan.