DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Pembelajaran Scaffolding Akuntansi Menggunakan Ujung Jari pada Materi Jurnal Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS-1 SMA Negeri 5 Kupang Nusa Tenggara Timur

Subagya Susiati

Abstrak


ABSTRAK

 

Subagya Susiati 2013, Penerapan Pembelajaran Scaffolding Akuntansi

 

Menggunakan Ujung Jari pada Materi Jurnal Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS-1 SMA Negeri 5 Kupang Nusa Tenggara Timur,Pascasarjana Universitas Negeri Malang, Program Studi Pendidikan Ekonomi . Pembimbing:(I) Prof. Dr. Wahjoedi, M.E., M.Pd, (II) Dr. Sri Umi Mintarti Widjaja, S.E.,MP.,Ak.

 

Kata Kunci : Pembelajaran,Scaffolding, akuntansi menggunakan ujung jari, hasil belajar

 

Masalah pembelajaran akuntansi bagi kelas XI IPS-1adalah kesulitan pemahaman dalam materi jurnal kurangnya penguasaan konsep, rendahnya penyelesaian tugas-tugas belajarnya yang dianggap sebagai cerminan kemalasan dalam belajar. Faktor penyebabnya adalah pengajaran guru tidak memenuhi kebutuhan siswa dan berorientasi pada target kurikulum. Bantuan yang diberikan guru tidak memperhatikan letak kesulitan anak ataupun cara yang mudah di pahami siswa, tidak memperhatikanpemilikan sumber daya yang cukup pada diri siswa untuk membuat kemajuan belajar mereka sehingga akibatnya hasil belajarmasih rendah. Berkaitan dengan permasalahan-permasalahan tersebut perlu diadakan penelitian penerapan pembelajaran scaffoldingakuntansi menggunakan ujung jari.  Penerapan pembelajaran scaffoldingakuntansi mengunakan ujung jari merupakan praktek pembelajaran yang berdasarkan konsep Zona of Proximal  Development dari Vygotsky. Penerapan pembelajaran scaffoldingberarti memberikankepada individu sejumlah besar bantuan guru atau orang lain yang lebih mampu selama tahap awal pembelajaran kemudian menarik bantuan tersebut, setelah dapat melakukan secara mandiri.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana proses pembelajaran dengan penerapan pembelajaran scaffolding akuntansi menggunakan ujung jari pada materi jurnal siswa kelas XI IPS-1 di SMA Negeri 5 Kupang Nusa Tenggara Timur.(2) Apakah penerapan pembelajaran Scaffollding akuntansi menggunakan ujung jari pada materi jurnal dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS-1(3) Bagaimana respon siswa terhadap penerapan pembelajaran scaffolding akuntansi menggunakan ujung jari  pada materi jurnal.

Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Reseach) mengacu pada model Kemmis & Mc Taggart, yang terdiri atas empat komponen yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan dalam  2 siklus. Indikator keberhasilanpenelitian apabila siswa mampu mencapai nilai ketuntasan maksimal sebesar 70 dengan ketuntasan klasikal 80%. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, tes, wawancara , catatan lapangan dan rekaman. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, display data dan verifikasi data.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan pembelajaran scaffolding akuntansi menggunakan ujung jariberjalan dengan sangat baik, dengan sifat terpadunya scaffoldingakuntansi menggunakan ujung jari membantu melibatkan siswa, siswa menjadi aktif, antusias/bersemangat, termotivasi  dan  mengurangi frustrasi , pembelajaran menjadi efektif dan dapat meningkatkan pemahaman siswa sehingga mampu lebih mandiri untuk mencapai tujuan pembelajaran. Penerapan pembelajaran  scaffolding akuntansi menggunakan ujung jari dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi jurnal siswa kelas XI IPS-1 Kupang Nusa Tenggara Timur.Hasil tes awal siswa menunjukkan prosentase ketuntasan belajar  klasikal yang dicapai 4% kriteria sangat kurang, hasil tes akhir siklus Imeningkat menjadi 40% kriteria sangat kurang dan hasiltes akhirsiklus II meningkat menjadi 92% kriteriasangat baik.Denganketerlaksana- an pembelajaran siklus I 78,1% kriteria baik dan siklus II 90.6% kriteria sangat baik dan aktivitas belajar siswa siklus I 77% kriteria baik  siklus II 84% dengan kriteria baik. Respon siswa terhadap pembelajaran scaffoldingakuntansi menggunakan ujung jari baik karena  menyenangkan dan dapat meningkatkan pemahaman. Disarankan bagi guru pembelajaran scaffolding akuntansi diujung jari dapat digunakan sebagai alternatif strategi pembelajaran yang inovatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas yang memiliki Zona of Proximal Development(ZPD) yang rendah.