DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Gaya Belajar terhadap Penerapan Konsep dan Prosedur,

Andi Mariono

Abstrak


ABSTRAK

 

Andi Mariono, 2015. Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Gaya Belajar terhadap Penerapan Konsep dan Prosedur, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng, M.Pd., (II) Prof. Dr. H. Punadji Setyosari, M.Pd., M.Ed, dan (III) Dr. Waras Kamdi, M.Pd.

 

Kata Kunci: pembelajaran langsung, tutorial, gaya belajar, hasil belajar

 

Tuntutan belajar di perguruan tinggi mengharuskan mahasiswa untuk dapat meningkatkan prestasi akademiknya dengan cara menguasai teori yang berkaitan dengan jurusan yang dipilihnya dan terampil (skillful) dalam mengolah informasi yang diterimanya. Menjembatani tuntutan tersebut, diperlukan pembelajaran yang mendorong mahasiswa agar kritis dalam menganalisis masalah-asalah, mampu memberi solusi secara lebih luas, dapat membangun pengetahuan melalui pengalaman dunia nyata dan negosiasi kognitif antar personal yang berlangsung di dalam suasana pembelajaran 

Strategi pembelajaran yang diterapkan pada Matakuliah  Pengembangan Media Video/TV Pembelajaran sesuai dengan kondisi pembelajaran (karakteristik bidang studi) ini adalah pembelajaran langsung dan tutorial. Strategi pembelajaran langsung selama ini telah dilaksanakan, namun tidak sepenuhnya seperti sintak 5 (lima) fase yang telah diajukan oleh  Arends. Pelaksanaan pembelajaran dengan strategi tutorial merupakan pembelajaran untuk mengaktifkan mahasiswa agar berpartisipasi dan terlibat secara akademik maupun emosional. Dalam tutorial perlu dilakukan berbagai cara yang tepat oleh tutor (dosen) sesuai dengan kebutuhan mahasiswa. 

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk menguji perbedaan hasil belajar menerapkan konsep antara kelompok mahasiswa yang diberi perlakuan strategi pembelajaran langsung dengan strategi pembelajaran tutorial, (2) untuk menguji perbedaan hasil belajar menerapkan prosedur antara kelompok mahasiswa yang diberi perlakuan strategi pembelajaran langsung dengan strategi pembelajaran tutorial, (3) untuk menguji perbedaan hasil belajar menerapkan konsep antara kelompok mahasiswa yang memiliki gaya belajar visual dan auditorial, (4) untuk menguji perbedaan hasil belajar menerapkan prosedur antara kelompok mahasiswa yang memiliki gaya belajar visual dan auditorial, (5) untuk menguji interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar menerapkan konsep, dan (6) untuk menguji interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar menerapkan prosedur dalam Mata Kuliah Pengembangan Media Video/TV Pembelajaran pada mahasiswa Program Studi S1 Teknologi Pendidikan FIP – UNESA.

Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu dengan pengukuran dua faktor dalam versi faktorial 2 x 2 pretes-posttest nonequivalent control group design. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa S1 Program Studi Teknologi Pembelajaran Unesa yang menempuh matakuliah pengembangan Media Video/TV Pembelajaran. Jumlah keseluruhan subyek 90 mahasiswa yang akan dibagi menjadi 2 kelas. Kelas A yang berjumah 45 mahasiswa diperlakukan sebagai kelas eksperimen sedangkan kelas B yang berjumlah 45 mahasiswa diperlakukan sebagai kelas kontrol.  Hipotesis penelitian diuji dengan uji statistika Multivariate Analysis of Variance (Manova).

Hasil penelitian penunjukkan bahwa (1) Terdapat perbedaan hasil belajar penerapan konsep pada mahasiswa yang memperoleh perlakuan strategi pembelajaran langsung dengan strategi pembelajaran tutorial, dengan taraf signifikan 0,562 dan F = 0,338, (2) Terdapat perbedaan hasil belajar penerapan prosedur pada mahasiswa yang memperoleh perlakuan strategi pembelajaran langsung dengan strategi pembelajaran tutorial (0,852) dengan nilai F = 0,035, (3) Terdapat perbedaan hasil belajar penerapan konsep pada mahasiswa dengan gaya belajar audiotori (sig. = 0,796) dan mahasiswa dengan gaya belajar visual  (sig. 0,876), (4) Terdapat perbedaan hasil belajar penerapan prosedur pada mahasiswa dengan gaya belajar auditori (sig.= 0,866) dan mahasiswa dengan gaya belajar visual (sig. = 0,632), (5) Strategi pembelajaran langsung dan strategi pembelajaran tutorial dengan gaya belajar tidak ada pengaruh interaksi dalam perolehan hasil belajar penerapan konsep (sig. = 0,801; F = 0,64), (6) Strategi pembelajaran langsung dan strategi pembelajaran tutorial dengan gaya belajar tidak ada pengaruh interaksi dalam perolehan hasil belajar penerapan prosedur (sig. = 0,699, F = 150)Berdasarkan hasil temuan ini dapat disimpulkan bahwa (1) terdapat perbedaan hasil belajar penerapan konsep pada mahasiswa yang memperoleh perlakuan strategi pembelajaran langsung dengan strategi pembelajaran tutorial, (2) terdapat perbedaan hasil belajar penerapan prosedur pada mahasiswa yang memperoleh perlakuan strategi pembelajaran langsung dengan strategi pembelajaran tutorial, (3) terdapat perbedaan hasil belajar penerapan konsep pada mahasiswa dengan gaya belajar audiotori dan mahasiswa dengan gaya belajar visual, (4) terdapat perbedaan hasil belajar penerapan prosedur pada mahasiswa dengan gaya belajar auditori dan mahasiswa dengan gaya belajar visual, (5) strategi pembelajaran langsung dan strategi pembelajaran tutorial dengan gaya belajar tidak ada pengaruh interaksi dalam perolehan hasil belajar penerapan konsep, dan (6) strategi pembelajaran langsung dan strategi pembelajaran tutorial dengan gaya belajar tidak ada pengaruh interaksi dalam perolehan hasil belajar penerapan prosedur