DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

KEEFEKTIFAN TEKNIK METAFORA UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA SEKOLAH DASAR

NIKEN FITRIA PERMANASARI

Abstrak


ABSTRAK

 

Fitria P, Niken. 2015.  Keefektifan Teknik Metafora Untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa Sekolah Dasar.  Tesis. Jurusan Bimbingan dan Konseling.  Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Adi Atmoko, M.Si., (II) Dr. Triyono, M.Pd

 

Kata kunci:  Teknik Metafora,  Kecerdasan Emosional (KE).

 

Metafora adalah suatu teknik  terapi untuk sebuah teknik komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan sebuah hal dinyatakan dalam hal lain, dimana hal tersebut sebagai informasi pada individu untuk dapat mengembangkan perilaku baru. Tahap-tahap teknik Metafora adalah (1) membuat penilaian yang berorientasi hasil (2) merencanakan metafora (cerita) (3) penyajian atau menyampaiakn cerita (4) pengamatan terhadap respon konseli (5) menggeneralisasikan manfaatnya ke dalam kehidupan sehari-hari. Melalui metafora anggota kelompok dapat mengembangkan kehidupan dirinya dengan meningkatnya kecerdasan emosional serta dari cerita yang mereka dengarkan dapat membantu mereka menggeneralisasikan manfaatnya ke dalam kehidupan nyata.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen terdiri dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Subyek penelitian ini  adalah siswa kelas V SDN Ngadilangkung 02 Kec.  Kepanjen Kab. Malang perjumlah 32 siswa yang terdiri 16 siswa pada kelompok eksperimen dan 16 siswa pada kelompok kontrol. Penelitian dilaksanakn mulai bulan Agustus  sampai September 2015 semester Ganjil tahun pelajaran 2015/2016.Penggunaan teknik metafora dalam penelitian ini merupakan bentuk intervensi pada kelompok ekperimen dengan melihat peningkatan tingkat skala kecerdasan emosional serta perubahan pada perilaku yang tampak oleh pengamatan peneliti.

Hasil analisis dan grafik peningkatan dari skala kecerdasan emosional menunjukkan bahwa hipotesis  dalam penelitian ini yaitu penggunaan teknik metafora dapat meningkatkan kecerdasan emosional siswa sekolaha dasar.Kelemahan dalam penelitian ini yaitu minimnya intervensi dengan teknik metafora yang digunakan, baik dari segi  model metafora, durasi, maupun kuantitas penggunaan intervensi teknik metafora. Saran penelitian yaitu : (1) untuk Guru SD, teknik metafora dapat dimanfaatkan meningkatkan kecerdasan emosional secara optimal dan ditunjang dengan jumlah pertemuan yang cukup dan bentuk teknik metafora yang sesuai dengan tujuan peningkatan.Intervensi dengan teknik metafora dengan subyek siswa SD  harus disesuaikan dengan kondisi siswa agar tujuan dari perubahan dengan penggunaan teknik ini lebih optimal (2) bagi peneliti selanjutnya, disarankan  untuk  lebih cermat  dalam memaknai  jenis penelitian eksprimen serta lebih membuka wawasan tentang teknik-teknik terpeutik serta menggunakan sesuai dengan kebutuhan dan kondisi konseli, sehingga upaya perbaikan dari suatu teknik yang sesungguhnya dapat tercapai.