DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Keefektifan “Proses Guru” Sebagai Teknik Bimbingan Kelompok Dalam Meningkatkan Pengambilan Keputusan Karier Siswa SMK

GURUH SUKMA HANGGARA

Abstrak


ABSTRAK

 

Hanggara, GuruhSukma. 2015. Keefektifan “Proses Guru” Sebagai Teknik Bimbingan Kelompok Dalam Meningkatkan Kemampuan Pengambilan Keputusan Karier Siswa SMK.Tesis, Program StudiBimbingandanKonseling, PascasarjanaUniversitasNegeri Malang.Pembimbing: (I) Dr. M. Ramli, M.A.,(II) Dr. Moh. Irtadji, M.Si.

 

Kata Kunci: keefektivan,proses GURU, bimbingankelompok, kemampuanpengambilankeputusankarier.

 

Kemampuanpengambilankeputusankariermerupakansalahsatukapasitaskognitifseseorangdalammengevaluasiberbagaipilihankariergunamenghasilkankomitmen yang bertanggungjawab. Dengankemampuanpengambilankeputusankarier yang baikmakaindividudapatmemilihkarier yang sesuaidenganpotensnyasecarabertanggungjawab, konsekuendanmatang. Untukitukemampuanpengambilankeputusankariersiswa SMK perluditingkatkansalasatunyamelaluibimbingankelompokdenganteknik proses GURU. Tujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuikeefektifan proses GURU sebagaiteknikbimbingankelompokdalammeningkatkankemampuanpengambilankeputusankariersiswa SMK.

PenelitianinimenggunakanrancanganpenelitianPretest-Posttest Control Group Designdengansubjekpenelitiansiswa SMKN 1 Trenggalek.Teknikpengumpulan data yang digunakanadalahobservasi, wawancaradanskalakemampuanpengambilankeputusankariersiswa SMK. Data yang diperolehberupa data angkadan data non angka/verbal. Data angkadianalisismenggunakanstatistikdeskriptifdaninferensial. Data non angka/verbal dianalisisdenganmendeskripsikan data kemudianmenarikkesimpulandarideskripsitersebut.

HasilujihipotesismenggunakanTwo Independent Sample Test Mann Whitney Umenghasilkantarafsignifikansiantarakelompokkontroldaneksperimensebesar 0,03 ˂ 0,05 yang berartibahwabimbingankelompokdenganmenggunakan proses GURU lebihefektifdibandingkandenganbimbingankelompoktanpa proses GURU (as usual) dalammeningkatkankemampuanpengambilankeputusankariersiswa SMK.

Saran yang diajukandalampenelitianiniadalah: (1) Guru BK seyogyanyamenggunakanproses GURU sebagaiteknikdalam BK yang diaplikasikansecarakolaboratifbersamapendekatan BK lainya, (2) Penggunaan proses GURU hendaknyajugamemperhatikantahapperkembangan, aspek yang hendakdikembangkandanjugakonten proses GURU itusendiri, (3) Untukpenelitiselanjutnyasebaiknyameneliti proses GURU dengandesainselaintrue experiment Pretest-Posttest Control Group Design,sepertiSingle-Subject Designs, penelitiantindakandalam BK, danpenelitianmodel lainnyasehinggadapatlebihterujikeefektifannyadanjugalebihmemperhatikanpenggunaaninstrumenpenelitiandenganbaik, (4) Penelitiselanjutnyadiharapkanmemperhatikanancamanvaliditas internal maupuneksternaldanmengujikeefektifan model proses GURUdalamberbagaiaspekpsikologi yang lainsepertimotivasi, hargadiri, efikasidiri, kemampuanberfikirkritis, kemampuanberfikirrespekdan lain sebagainya.