DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Strategi Pembelajaran Kontekstual Berbasis Kegiatan Laboratoriumdan Sikap Siswa Terhadap Hasil Belajar Konsep IPA Siswa SD

Sri Wahyuningtyas

Abstrak


ABSTRAK

 

Sri Wahyuningtyas. 2015. Pengaruh Strategi  Pembelajaran  Kontekstual Berbasis Kegiatan Laboratoriumdan  Sikap Siswa Terhadap Hasil Belajar Konsep IPA Siswa SD.

 

Disertasi, Program Studi Teknologi Pembelajaran, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng, M.Pd., (II) Prof. Dr. Punadji Setyosari, M.Ed.,M.Pd., (III) Prof.Dr.Agr.Moh.Amin, M.Pd.

 

Kata kunci: strategi pembelajaran, kontekstual, laboratorium, sikap, hasil belajar

 

Strategi pembelajaran kontekstual berbasis kegiatan laboratoriumini, lebih banyak dihadapkan kepada tindakan melakukan percobaan daripada membaca buku teks. Siswa dapat melakukan sesuatu yang dilihat dengan inderanya. Kegiatan tersebut dilaksanakan baik melalui kegiatan nyata maupun melalui laboratorium. Penelitian ini bertujuan untuk menguji strategi pembelajaran kontekstual berbasis kegiatan laboratorium terhadap hasil belajar konsep IPA. Penelitian ini juga bertujuan untuk menguji adanya pengaruh sikap siswa  terhadap hasil belajar konsep IPA. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk menguji terjadinya interaksi antara strategi pembelajaran dan sikap  terhadap hasil belajar konsep IPA.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian versi faktorial 2x2 non-equivalent control group design. Penelitian ini subyek melibatkan 97 siswa SD dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Analisis data menggunakan Analysis of Varience (ANOVA).

Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan sebagai berikut. (1) Terdapat perbedaan  hasil belajar konsep  antara siswa yang menggunakan strategi pembelajaran kontekstual berbasis kegiatan laboratorium dan siswa yang menggunakan strategi  pembelajaran tanpa kegiatan laboratorium. (2) Terdapat perbedaan hasil belajar konsep  siswa yang memiliki sikap positif dan siswa yang memiliki sikap negatif terhadap IPA. (3)Tidak ada pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dan sikap siswa (positif dan negatif) terhadap hasil belajar konsep IPA. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan (1) Strategi pembelajaran kontekstual berbasis kegiatan laboratorium perlu diterapkan di sekolah dengan beberapa tahapan penting yang harus dilakukan oleh guru selaku perencana dan pelaksana pembelajaran. (2) Guru perlu mempertimbangkan sikap siswa dalam pembelajaran melalui kegiatan labolatorium. (3) Jika guru mengajar menggunakan strategi pembelajaran perlu mempertimbangkan factor-faktor selain sikap.