DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Video Berbasis Experiential Lerning Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Taman Kanak-Kanak

Lusia Rianghati Luaha

Abstrak


ABSTRAK

 

Rianghati L, Lusia, 2015. Pengaruh Video Berbasis Experiential Learning Terhadap

 

Kemampuan Sosial Emosional Anak Taman Kanak-Kanak. Tesis, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr.Imanuel Hitipeuw, M.A. (II) Prof. Dr. Fattah Hanurawan, M.Si., M.Ed

 

Kata Kunci: Video, Experiential Learning, Sosial Emosional, Anak Taman Kanak-Kanak

 

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh video berbasis Experiential Learning terhadap kemampuan sosial emosional pada anak TK. Perkembangan kemampuan sosial emosional anak TK merupakan salah satu aspek yang perlu di kembangkan dan penting mendapatkan rangsangan dan bimbingan agar dapat berkembang secara optimal.

Dalam kaitannya dengan usaha tersebut, penelitian ini menggunakan video berbasis Experiential Learning melalui empat tahap (1) tahap pengalaman konkrit, (2) tahap pengamatan aktif dan reflektif, (3) tahap konseptualisasi dan (4) tahap eksperimentasi. Subjek penelitian adalah anak TK Santo Yusup II Malang yang berjumlah 5 anak.

Penelitian ini di laksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2014/2015. Penggunaan video berbasis Experiential Learning dalam penelitian ini diintegrasikan pada kegiatan pembelajaran. Instrumen yang digunakan adalah bahan perlakuan dan instrumen pengumpulan data berupa checklist perkembangan sosial emosional anak.

Temuan hasil penelitian yakni hasil analisis data visual baseline dan hasil intervensi menunjukkan bahwa video berbasis experiential learning dapat meningkatkan kemampuan sosial emosional anak TK.