DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Perubahan Volume Ruang Bakar Terhadap Daya dan Konsumsi Bahan Bakar pada Sepeda Motor Honda Astrea Grand C100

Ridlo Alifsandi Prawoto

Abstrak


ABSTRAK

 

 

Prawoto, Ridlo Alifsandi. 2015. Pengaruh perubahan volume ruang bakar terhadap daya dan                   konsumsi bahan bakar pada sepeda motor Honda Astrea Grand C100. Skripsi, Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. H. Sumarli, M.Pd., M.T., (II) Dra. Hj. Widiyanti, M.pd.

 

Kata kunci:Volume Ruang Bakar, Daya, Konsumsi Bahan Bakar.


Timbul beberapa opini yang sedang terbentuk oleh masyarakat antara lain: (1) Bahwa pertamax lebih baik dibandingkan dengan premium, pertamax memiliki nilai oktan tinggi yaitu RON 92 (Research Oktane Number), sehingga cocok untuk mesin dengan perbandingan kompresi yang lebih tinggi.Pertamax tidak mengandung timbal, sehingga akan menghasilkan gas buang yang lebih ramah lingkungan dan lebih aman bagi kesehatan manusia. Selain itu bensin tanpa timbal akan menjaga ruang bakar dari deposit yang bisa menurunkan performa mesin, sehingga konsumsi bahan bakar lebih irit dibanding dengan premium. (2) Dilihat dari nilai oktan pertamax yang lebih tinggi daripada premium untuk meningkatkan efisiensi dibutuhkan rasio kompresi yang lebih besar maka diperlukan memodifikasi ketebalan paking kepala silinder. Artinya, pada paking sepeda motor Astrea Honda Grand C100 yang standar ketebalan pakingnya 0,9 mm yang  terbentuk 3 lapis, maka dimodifikasi menjadi 1 lapis pada paking bagian tengahnya yaitu ketebalannya menjadi 0,25 mm.

            Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan: (1) Untuk mengetahui perbedaan Daya antara sepeda motor Honda Astrea Grand C100 yang menggunakan volume ruang bakar standar dengan volume ruang bakar modifikasi (2) Untuk mengetahui perbedaan  konsumsi bahan bakar antara sepeda motor Honda Astrea Grand C100 yang menggunakan volume ruang bakar standar dengan volume ruang bakar modifikasi. Penelitian yang dilakukan adalah termasuk penelitian "true experiment posttest control group design". Analisis data yang digunakan adalah metode uji beda dua sampel berpasangan (uji-T )dengan menggunakan program SPSS 16 for Windows.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa daya  mesin yang signifikan antara menggunakan volume ruang bakar standar danvolume ruang bakar modifikasi pada mesin Honda Astrea Grand C100. Namun daya yang dihasilkan dengan menggunakan volume ruang bakar standar tetap lebih baik daripada menggunakan volume ruang bakar modifikasi. Sesuai penelitian yang telah dilakukan daya yang dihasilkan mesin menggunakan volume ruang bakar standar sebesar 2,968 HP dan menggunakan volume ruang bakar modifikasi 2,829 HP, kemudian hasil penelitian mesin yang menggunakan volume ruang bakar modifikasi memerlukan waktu yang lebih lama dalam mengkonsumsi bahan bakar daripada mesin dengan menggunakan volume ruang bakar standar. Modifikasi paking dapat menghemat konsumsi bahan bakar pada mesin Honda Astrea Grand C 100. Sesuai penelitian waktu konsumsi bahan bakar yang dibutuhkan mesin Honda Astrea Grand C100 dengan menggunakan volume ruang bakar modifikasi selama 3,143 s/5ml dan  mesin dengan volume ruang bakar standar yang memerlukan waktu 2,545. Berdasarkan hasil penelitian ini, bagi peneliti selanjutnya dapat melanjutkan dengan penelitian variasi ketebalan paking pada kepala silinder.