DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Mathematics Worksheet dengan Penemuan Terbimbing pada Topik Geometrical Transformation Kelas XII IPA

Ricky Aditya Setiawan

Abstrak


ABSTRAK

 

Setiawan, Ricky Aditya. 2015. Pengembangan Mathematics Worksheet dengan      Penemuan Terbimbing pada Topik Geometrical Transformation Kelas XII          IPA, Tesis. Jurusan Pendidikan Matematika, Program Pascasarjana,             Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Edy Bambang, M.Pd.,      (II) Dr. Abdul Qohar, M.T.

 

Kata kunci: pengembangan, mathematics worksheet, penemuan terbimbing,            geometrical transformation.

 

Mathematics Worksheet adalah bahan ajar matematika berbahasa Inggris yang digunakan guru dan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran di dalam kelas. Selama ini, peserta didik SMA Katolik St. Albertus Malang menggunakan buku teks sebagai sumber belajar untuk mengonstruksi materi yang dipelajari. Tidak ada aktivitas atau langkah-langkah pembelajaran dalam buku teks tersebut yang memberi kesempatan kepada peserta didik baik secara individu atau kelompok untuk berperan aktif mengonstruksi sendiri konsep-konsep yang dipelajarinya.

Masalah dalam penelitian ini adalah: “Bagaimana proses dan hasil pengembangan mathematics worksheet untuk belajar dengan penemuan terbimbing pada materi geometrical transformation di SMA Katolik St. Albertus Malang yang valid, praktis dan efektif?” Berdasarkan masalah tersebut, maka tujuan pengembangan dalam penelitian ini adalah menghasilkan mathematics worksheet untuk belajar dengan penemuan terbimbing pada materi geometrical transformation di SMA Katolik St. Albertus yang valid, praktis, dan efektif.

Pengembangan ini menggunakan Model Umum Penyelesaian Masalah Pendidikan dengan modifikasi. Kriteria kevalidan, kepraktisan dan keefektifan ditetapkan oleh peneliti. Kevalidan materi diperiksa oleh dua validator. Kepraktisan diperiksa oleh dua pengamat dan keefektifan diisi oleh peserta didik pada waktu uji coba lapangan. Untuk mendukung pelaksanaan mathematics worksheet, maka juga dirancang RPP dan instrumen penelitian. Intsrumen penelitian meliputi: (1) lembar validasi, (2) lembar observasi, (3) angket peserta didik, dan (4) tes hasil belajar.

Hasil validasi dari dua validator menunjukkan bahwa mathematics worksheet, RPP dan instrumen penelitian memenuhi kriteria kevalidan. Dua uji coba di lapangan bertujuan untuk mengukur kepraktisan dan keefektifan mathematics worksheet. Hasil uji coba di lapangan menunjukkan bahwa mathematics worksheet telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.