DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PEMANFAATAN AKTIVITAS DAN LINGKUNGAN SEKITAR SISWA DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR IPS TERPADU PADA KELAS VIII SMP TERBUKA IV KOTA MALANG

Kus Irawan Prabowo

Abstrak


ABSTRAK

 

Prabowo, Kus Irawan. 2015. Pemanfaatan Aktivitas Dan Lingkungan Sekitar Siswa Dalam Proses Belajar Mengajar IPS Terpadu Pada Kelas VIII SMP Terbuka IV Kota Malang. Tesis, Prodi S2 Pendidikan Ekonomi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Mit Witjaksono, MS.Ed. (II) Dr. Agung Haryono, S.E., M.P., Ak.

 

Kata Kunci:   Aktivitas, Lingkungan, IPS Terpadu, dan Sumber Belajar.

 

Penelitian ini bertujuan mengetahui pemanfaatkan aktivitas siswa dalam proses belajar mengajar IPS Terpadu, mengetahui pemanfaatkan lingkungan sekitar siswa dalam proses belajar mengajar IPS Terpadu dan mengetahui hasil belajar IPS Terpadu dengan memanfaatkan aktivitas dan lingkungan sekitar siswa pada kelas VIII SMP Terbuka IV Kota Malang.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain grounded theory. Tujuan menggunakan pendekatan kualitatif adalah berusaha memberikan gambaran yang sistematis, aktual dan akurat mengenai proses belajar mengajar IPS Terpadu dengan memanfaatkan aktivitas dan lingkungan sekitar siswa. Mengambil situs penelitian di SMP Terbuka IV Kota Malang, sebagai subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Terbuka IV Kota Malang, data dikumpulkan dengan metode observasi dan wawancara dengan didukung studi dokumentasi. Sebagai informan utama adalah siswa dan informan pendukung adalah wakil kepala sekolah, guru, dan orangtua. Data dianalisis dengan metode analisis Strauss dan Corbin.

Aktivitas dan pengalaman siswa terbagi menjadi dua kategori yaitu aktivitas biasa dan aktivitas khusus (kerja), aktivitas biasa adalah aktivitas yang dilakukan sehari-hari, tidak berhubungan dengan kerja mencari uang, sedangkan aktivitas khusus adalah aktivitas yang berhubungan dengan keterampilan dunia kerja untuk mencari uang. Lingkungan sekitar siswa terdiri dari bermacam-macam pelaku usaha dan lahan pertanian.

Hasil dari penelitian ini adalah aktivitas siswa dapat digunakan untuk memadukan materi dan sumber belajar IPS Terpadu, lingkungan sekitar siswa dapat digunakan untuk memadukan materi dan sumber belajar IPS Terpadu dan hasil belajar IPS Terpadu dengan memanfaatkan aktivitas dan lingkungan sekitar siswa membuat pembelajaran lebih efektif dan efisien, memberikan kemudahan dalam mendeskripsikan materi pelajaran, mempermudah mengingat materi yang telah diajarkan pada siswa kelas VIII SMP Terbuka IV Kota Malang dan memberikan pengetahuan mengenai sikap atau tindakan yang berguna bagi dirinya sendiri dan orang lain.

Guru harus cerdas menggali informasi dan potensi yang melekat pada siswa baik di lingkungan sekolah maupun keluarga yang dapat digunakan sebagai inspirasi dan sumber belajar dalam pengajaran materi pelajaran IPS Terpadu. Guru harus membina hubungan fungsional antara siswa dan orangtua untuk mendukung proses belajar siswa sehingga dapat mencapai kompetensi lulusan.