DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG PELAKSANAAN METODE PEMBELAJARAN AKTIF, MOTIVASI BELAJAR, EFIKASI DIRI, KECERDASAN EMOSIONAL DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PAI KELAS XI SMK NEGERI DI KOTA MALANG

Marlina Lina

Abstrak


ABSTRAK

 

Marlina, 2015. Hubungan antara Persepsi Siswa tentang Pelaksanaan Metode

Pembelajaran Aktif, Motivasi Belajar, Efikasi Diri, Kecerdasan

Emosional dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama

Islam kelas XI SMK Negeri di kota Malang. Disertasi, Program Studi

Teknologi Pembelajaran, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang.

Pembimbing: (I) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng, M. Pd., (II) Dr.

Waras Kamdi, M. Pd., dan (III) Prof. Dr. H. Punaji Setyosasi, M.Pd.,

M.Ed.,

 

Kata kunci : Persepsi siswa, metode pembelajaran aktif, motivasi belajar, efikasi

diri, kecerdasan emosional, hasil belajar pendidikan agama Islam.

 

Dalam pembelajaran ada yang berhubungan langsung dengan hasil belajar.

Faktor yang sangat berhubungan dengan hasil belajar pada seluruh mata pelajaran

termasuk juga pelajaran PAI. Persepsi siswa terhadap suatu pelajaran sangat

penting, karena dengan memiliki persepsi yang baik terhadap suatu pelajaran

termasuk pelajaran PAI akan memiliki hubungan dengan prestasi yang diharapkan

dalam suatu hasil pembelajaran termasuk dalam pembelajaran PAI. Variabel pada

penelitian ini terdiri variabel bebas (X) dan variabel terikat (Y). Variabel bebas

(X) persepsi siswa tentang pelaksanaan metode pembelajaran aktif, motivasi

belajar, efikasi diri dan kecerdasan emosional, dan variabel terikat (Y) adalah

hasil belajar PAI siswa. 

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara; (1) persepsi

siswa tentang pelaksanaan metode pembelajaran aktif dan motivasi belajar, (2)

persepsi siswa tentang pelaksanaan pembelajaran aktif dan efikasi diri, (3)

persepsi siswa tentang pelaksanaan pembelajaran aktif dan kecerdasan emosional,

(4) persepsi siswa tentang pelaksanaan pembelajaran aktif dan hasil belajar, (5)

motivasi belajar dan hasil belajar, (6) efikasi diri dan hasil belajar, (7) kecerdasan

emosional dan hasil belajar, (8) persepsi siswa tentang pelaksanaan pembelajaran

aktif, motivasi belajar, efiksi diri, kecerdasan emosional secara bersama-sama

dengan hasil belajar siswa mata pelajaran PAI.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan

teknik korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh  siswa kelas XI

SMK Negeri 1, SMK Negeri 2, dan SMK Negeri 3 Malang, yang beragama Islam.

Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 188 siswa dari 2333 populasi.

Metode pengambilan sampel penelitian ditetapkan secara simple random

sampling. Teknik pengumpulan data untuk keempat variabel bebas menggunakan

angket (kuesioner), sedangkan variabel terikat diperoleh dari ujian akhir semester

(nilai raport). Instrumen yang dipakai untuk mengukur variabel-variabel yang

akan diteliti menggunakan skala Likert. Data penelitian yang terkumpul dianalisis

dengan menggunkan teknik analisis statistik deskriptif dan inferensial berbantuan

program SPSS for Windows Versi 21.0. Pengujian hipotesis ini menggunakan

analysis jalur (path analysis) yaitu untuk mengetahui sebab akibat, dengan tujuan

langsung dan akibat tidak langsung seperangkat variabel, sebagai variabel

penyebab terhadap variabel lainnya yang merupakan variabel akibat. 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat hubungan positif

antara persepsi siswa tentang pelaksanaan metode pembelajaran aktif (X1) dan

motivasi belajar (X2), hasil ini menunjukan bahwa semakin baik pelaksanaan

metode pembelajaran aktif maka semakin besar motivasi belajar siswa, (2)

terdapat korelasi positif antara persepsi siswa tentang pelaksanaan metode

pembelajaran aktif (X1) dan efikasi diri (X3), hasil ini menunjukan bahwa

semakin baik pelaksanaan pembelajaran aktif maka semakin besar efikasi diri

siswa, (3) terdapat hubungan positif antara persepsi siswa tentang pelaksanaan

metode pembelajaran aktif (X1) dengan kecerdasan emosional (X4) siswa, hasil

ini menunjukan bahwa semakin baik pelaksanaan pembelajaran aktif maka

semakin tinggi kecerdasan emosional siswa, (4) terdapat hubungan positif antara

persepsi siswa tentang pelaksanaan metode pembelajaran aktif (X1) dengan hasil

belajar (Y) siswa dan dapat diterima, hasil ini menunjukan bahwa semakin baik

pelaksanaan metode pembelajaran aktif maka semakin tinggi hasil belajar siswa,

(5) terdapat hubungan  positif antara motivasi belajar siswa (X1) dan hasil belajar

(Y)  siswa, hasil ini menunjukan bahwa semakin tinggi motivasi belajar siswa

maka semakin tinggi hasil belajar siswa, (6) terdapat korelasi positif antara efikasi

diri (X3) dan hasil belajar (Y) siswa, hasil ini menunjukan bahwa semakin besar

efikasi diri siswa maka semakin baik hasil belajar siswa, dan (7) terdapat

hubungan positif antara kecerdasan emosional (X4) dan hasil belajar (Y) siswa

yang menempuh mata pelajaran PAI kelas XI SMK Negeri Malang dapat

diterima, hasil ini menunjukan bahwa semakin tinggi kecerdasan emosional siswa

maka semakin tinggi hasil belajar siswa.

Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka beberapa saran dan masukan

kepada para guru adalah sebagai berikut: (1) Siswa lebih berpartisipasi aktif dan

memusatkan perhatian selama kegiatan pembelajaran di kelas supaya mampu

memahami materi dengan baik, (2) Guru SMK Negeri di Kota Malang, perlu

melaksanakan pembelajaran aktif dimana didalam menyampaikan materi

pelajaran perlu dilakukan aktifitas pengerjaan, selain itu adanya penekanan pada

eksplorasi nilai-nilai dan sikap-sikap berkenaan dengan materi pelajaran dan (3)

Penelitian selanjutnya perlu melakukan kajian pada Sekolah Menegah Atas

sehingga akan menghasilkan kajian yang lebih sempurna dan tidak hanya pada

pata pelajaran Pendidikan Agama Islam akan tetapi pada semua pelajaran yang

menerapkan pembelajaran aktif. 

 

ABSTRACT

 

Marlina, 2015. The Correlation Between Students Perception on Active learning

Implementation, Learning Motivation, Self Efficacy, Emotional

Intelligence, Learning Achievement on Islamic Religion Course Among

Vocational High School Students in Malang. Dissertation, Instructional

Technology Department, Postgraduate, State University of Malang.

Advisors: (1) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng, M.Pd, (2) Dr. Waras

Kamdi, M.Pd, (3) Prof. H. Punaji Setyosari, M.Pd., M.Ed.

 

Keywords: Students perception, Active learning, Learning Motivation, Self

Efficacy, Emotional intelligence, Learning achievement.

 

 Students’ perception on active learning implementation is an evaluation,

understanding and feeling of students on the implementation of learning which

can  give students’ meaningful learning experience and always focus during the

process of learning. Teachers ideally can create a situation in which the students

can actively participate by giving question, building idea, and doing activity to

construct their own knowledge.

 This research aimed to analyze whether or not there is correlation between,

students, perception on: (1) the implementation of active learning and learning

motivation, (2) the implementation of active learning and self-efficacy, (3) the

implementation of active learning and emotional intelligence, (4) the

implementation of active learning and learning achievement, (5) learning

motivation and learning achievement, (6) self-efficacy and learning achievement,

(7) emotional intelligence and learning achievement, (8) implementation on active

learning, learning motivation, self-efficacy, emotional intelligence all together

with learning achievement on Islamic education subject.

 This research is a survey research with descriptive correlational, it has

been conducted on the eleventh grade students of public vocational high school 1,

2 and 3 Malang in academic year 2013/2014. The research subjects are 188

students selected by using simple random technique. The research instrument used

to gain data is questionnaire which contains of questions related to students’

perception on the implementation of active learning, learning motivation, selfefficacy

and emotional intelligence. The data of learning achievement is gained

from the score of students report book. The Likert scale used to measure research

variables based on respondent’s responses. To analyze the data gained, the

researcher used descriptive analysis and inferential statistics technique supported

with SPSS for Windows software version 21.0.

 The result shows that: (1) there is a positive correlation between students’

perception on the implementation of active learning (X1) and learning motivation

(X2), it shows that the better implementation of active learning the higher students

learning motivation, (2) there is a positive correlation between students’

perception on the implementation of active learning (X1) and self-efficacy, it

shows that the better implementation of active learning the greater students selfefficacy,

(3) there is a positive correlation between students perception on the

implementation of active learning (X1) and emotional intelligence (X4), it shows

that the better implementation of active learning the  greater students emotional

intelligence, (4) there is a positive correlation between  students perception on the

implementation of active learning (X1) and learning achievement (Y), it shows

that the better implementation of active learning the greater students learning

achievement, (5) there is a positive correlation between  learning motivation (X1)

and learning achievement (Y), it shows that the higher learning motivation the

better learning achievement, (6) there is a positive correlation between selfefficacy

(X3)

and

learning

achievement

(Y),

it

shows

that

the

greater

self-efficacy

 

the

 

better learning achievement, (7) there is a positive correlation between

emotional intelligence (X4) and learning achievement (Y), it shows that the

greater emotional intelligence the better learning achievement.

 Based on the above results, some suggestion and advice for teachers, in

order to: (1) motivate students to participate more actively and focus during the

process of teaching learning to achieve better understanding, (2) implement active

learning by giving activities which emphasize on exploration of value and attitude

related to subject explained.