DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Project based Learning untuk Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan

Meirena Ayu Permatasari

Abstrak


ABSTRAK

 

Ayu Permatasari,Meirena. 2015. PengembanganProject-based Learninguntuk Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan.Tesis. Prodi S2 Pendidikan Ekonomi, Jenjang Magister, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I)Dr.AgungHaryono, SE.,M.P., Ak; (II) Dr. MitWitjaksono, MS.Ed. 

 

Kata kunci:Project -based Learning, Prakarya dan Kewirausahaan.

 

Hasil observasi awalmenunjukkan bahwa pembelajaran prakarya dan kewirausahaan selama ini kurang menggunakan kegiatan pembelajaran yang dapat meningkatkan kreatifitas siswa. Ditemukan fakta bahwa siswa telah memiliki pengalaman membuat suatu prakarya sebelumnya. Hal tersebut membentuk suatu pola tahapan kemampuan siswa, yaitu tingkat pemula, menengah dan lanjut sehingga diperlukan pengembangan pembelajaran diharapkanmampu membangun potensi kewirausahaan melalui prakarya dalam setting real yang dapat mencapai tujuan instruksional pembelajaran sesuai dalam kurikulum 13 (harapan formal) dan tujuan akhir pembelajaran (harapan ideal).

Penelitian ini menggunakan pendekatan model Design Based Research (DBR)dalam pengembangan pembelajaran kewirausahaan melalui prakarya. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptifkualitatifdandeskriptifkuantitatif.

Berdasarkandari hasil penelitian menghasilkan temuan empirik yaitu pembelajaran yang selama ini diterjadikan di kelas belum memuat tujuan instruksional pembelajaran sesuai kurikulum 2013 dan hanya terpaku pada buku paket pembelajaran prakarya dan kewirausahaan serta pembelajaran hanya bersifat teoritis.

Dengan adanya pengembangan pembelajaran kewirausahaan melalui prakarya menggunakan Project-based learningmenunjukkanhasiltanggapan peserta didik yang baik. Hal ini didukung dengan hasil pengembangan pembelajaran menggunakan Project -based Learning  dapat mencapai tujuan akhir pembelajaran (harapan ideal) yaitu menumbuhkan kesadaran dan semangat kewiausahaan, meningkatkan ketrampilan ekonomis dan membelajarkan siswa dalam melakukan ekonomi produktif.

Berdasarkan hasilpenelitian,disarankan agar (1) Guru mengembangkan skenario pembelajaran yang dirancang untuk memudahkan dalam menciptakan variasi kegiatan pembelajaranbaik materi yang bersifat teoritis maupun praktikum untuk meningkatkan kemampuan berpikir siswa dalam analisis dan evaluasi serta memperoleh pengalaman belajar yang utuh (2) Melalui pengembangan pembelajaran kewirausahaan melalui prakarya menggunakan Project-based Learning dapat memberikan pembelajaran yang dekat dengan prespektif siswa agar dapat mengaitkan peluang kreatifitas siswa melalui prakarya.