DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Proses Kreatif Guru Dalam Pembelajaran Ekonomi

Yosia Dian Purnama Windrayadi

Abstrak


ABSTRAK

 

Dian P.W, Yosia . Proses Kreatif Guru Dalam Pembelajaran Ekonomi, Tesis, S2 Pendidikan Ekonomi, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing 1 : Dr Agung Haryono S.E, M.P,Ak , Pembimbing 2 :        Dr. Mit Witjaksono MS.Ed

 

Kata Kunci : Proses Kreatif,Gagasan Kreatif,  Pembelajaran Ekonomi

 

Proses kreatif guru yang akan penulis dalami pada penelitian ini sangat penting untuk pengembangan pendidikan ekonomi khususnya, dimana proses berfikir guru secara kreatif menentukan bagaimana guru tersebut ketika menyampaikan materi di dalam kelas, disini penulis ingin mendalami bagaimana pola berfikir guru baik dalam membentuk sebuah gagagsan kreatif nya maupun dalam produk hasil gagasan kreatifnya.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode grounded research.  Penelitian  kualitatif  digunakan  untuk  menggali  pengalaman  hidup manusia  dengan  menekankan  nilai-nilai  subyektif  yang  disampaikan  oleh informan dari fenomena yang ada dan ditampilkan dalam bentuk narasi. Disini peneliti berusaha menggali secara mendalam pengalaman menjadi guru dan pemikirannya dalam membentuk sebuah imajinasi kreatif yang dimiliki, dan bagaimana cara berfikir kreatifnya dalam membentuk sebuah pembelajaran yang kreatif untuk siswa.

Dari penelitian yang sudah dilakukan dapat dikatakan bahwa guru sebelum menyusun perangkat pembelajaran terlebih dahulu guru berfikir tentang esensi materi yang akan disampaikan di kelas, dan juga termasuk makna dari satu materi tersebut, ini merupakan satu tahapan yang sangat penting yang harus dilakukan guru, karena dengan mengetahui esensi materi, guru memperkuat pondasi tentang materi tersebut dan ini akan berimplikasi pada tujuan pembelajaran natinya yang tidak akan menyimpang dari esensi materi tersebut.

Pada saat sebelum menuangkan dalam bentuk gagasan kreatif, terlebih dahulu berfikir tentang potensi yang siswa miliki, karena guru tersebut menganggap tidak semua siswa memiliki daya tangkap yang sama, maka dari itu pada saat setelah membentuk satu imajinasi maka guru tersebut menganalisis potensi masing-masing yang ada pada diri siswa, terutama pada potensi daya tangkap siswa terhadap satu materi, ini menunjukkan bahwa guru tersebut tidak egois dalam membentuk imajinasi, jadi pola imajinasi guru menyesuaikan siswa yang akan diajar nantinya di dalam kelas.

Guru juga menuangkan gagasan pemikiran kreatifnya ke dalam pola tertentu yang mengenai hal apa saja yang harus disampaikan pertama kali, dan juga hal apa saja yang harus di titik beratkan sari satu materi tersebut, dan setelah itu guru membuat satu media yang dianggap cocok dengan materi tersebut.

Guru sebelum menyusun perangkat pembelajaran sebaiknya dan seharusnya berfikir tentang esensi materi yang akan disampaikan di kelas, dan juga termasuk makna dari satu materi tersebut, ini merupakan satu tahapan yang sangat penting yang harus dilakukan guru, karena dengan mengetahui esensi materi, guru memperkuat pondasi tentang materi tersebut dan ini akan berimplikasi pada tujuan pembelajaran dan juga sebaiknya berfikir tentang potensi yang siswa miliki, karena guru tersebut menganggap tidak semua siswa memiliki daya tangkap yang sama, maka dari itu pada saat setelah membentuk satu imajinasi tentang materi yang akan disampaikan, guru tersebut menganalisis potensi masing-masing yang ada pada diri siswa, terutama pada potensi daya tangkap siswa terhadap satu materi, ini menunjukkan bahwa guru tersebut tidak egois dalam membentuk imajinasi.

Guru sebaiknya melakukan proses adaptif yang cepat apabila di dalam kelas, situasi dari siswa itu sendiri kurang fokus dalam menangkap materi, jadi guru yang kreatif harus mencari cara dengan cepat agar bisa mengembalikan konsentrasi dan fokus siswa pada materi yang sedang disampaikan.

Hal ini akan berimplikasi terhadap motivasi siswa sendiri yang nantinya diharapkan juga mempunyai pemikiran yang sama dalam memandang sebuah masalah atau materi yang sulit untuk dipecahkan.

 

ABSTRACT

 

Dian P.W, Yosia . The Creative Processes Of The Teacher In the Economy Learning , Thesis, Department of Economic Education ,Post Graduate, State University of Malang. First Advisor : Dr Agung Haryono S.E, M.P,Ak , Second advisor : Dr. Mit Witjaksono MS.Ed

Keywords : Creative Process, Creative Ideas, Economic Studies

 

The process of creative teachers that will deepen the author on this study is very important for the development of economic education in particular, where the process of thinking creatively teachers determine how the teacher when conveying materials in the classroom, here the author wanted to explore how teachers think thepattern either in the form of a creative idea and creative idea products.

This research used the qualitative approach with the method         of grounded research.Qualitative research is used to dig up human life experience by emphasizing the subjective values delivered by informants from the phenomenon exists and is displayed in the form of a narrative. Here researchers trying to dig deeply into the experience of being a teacher and his thoughts in the form of a creative imagination,and how creative thinking in the form of a creative learning for students.

From the research that's been done could be said that the teacher before drawing upa learning device in advance teachers think about the essence of the material to bedelivered in the classroom, and also includes the meaning of one of the material, this is a very important step that should be done with teachers, because by knowing the essence of the matter, the teacher reinforces the Foundation of such material and this will have implications for instructional purposes on natinya that will not deviate fromthe essence of the matter.

At the time before pouring in the form of a creative idea, first think about potentialstudents have, because the teacher thinks not all students have the same capture,therefore at the moment after forming one of these teachers then imaginationanalyze each potential existing in students, especially at the potential power capturestudents against one material, it shows that teachers are not selfish in the form of the imagination patterns of imagination, so teachers tailor students who will be taughtlater in the classroom.

Teachers also poured theircreative thinking ideas into specific patterns that are aboutanything to be delivered first, and also any things which should be at the point of a series of sari one such material, and after that the teacher made one media deems fit in with such material.

The teacher before drawing up a learning device should and should think about the essence of the material to be delivered in the classroom, and also includes the meaning of one of the material, this is a very important step that should be done withteachers, because by knowing the essence of the matter, the teacher reinforces the Foundation of such material and this will have implications for learning and on the objective should also think about the potential that students have the teacher thinks, because not all students have the same capture, therefore at the moment afterforming one's imagination about the material to be conveyed, the teacher analyzes the potential of each of the students themselves, especially at the potential powercapture students against one material, it shows that teachers are not selfish in shaping imagination.

The teacher should do a fast adaptive process when in the classroom, the situation of the students themselves are less focused on capturing material, so the teacher must find creative ways to be able to quickly restore concentration and focus students on the material that is being delivered.

This will have implications for the student's own motivation against later expected tohave the same thought of looking at a problem or material that is difficult to solve.

This will have implications for the student's own motivation against later expected tohave the same thought of looking at a problem or material that is difficult to solve. This will have implications for the student's own motivation against later expected tohave the same thought of looking at a problem or material that is difficult to solve.