DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Representasi Ideologi dalam Struktur Wacana Kata Hari Ini. Disertasi Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia

Nurul . Yaqin

Abstrak


ABSTRAK

 

Yaqin, M. Zubad Nurul. 2015. Representasi Ideologi dalam Struktur Wacana Kata Hari Ini. Disertasi Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Pasca-sarjana, Universitas Negeri Malang. Promotor: (1) Prof. Dr. Abdul Syukur Ibrahim, (2) Prof. Dr. Wahyudi Siswanto, M.Pd, dan (3) Prof. Dr. Djoko Saryono, M.Pd

 

Kata kunci: representasi, ideologi, struktur wacana

 

Tujuan Penelitian ini adalah memerikan representasi ideologi dalam struktur wacana Kata Hari Ini (KHI). Demi tujuan tersebut, pembahasan difo-kuskan pada representasi ideologi dalam struktur mikro, struktur super, dan struktur makro. Dalam perspektif kajian wacana kritis, ketiga struktur wacana tersebut merepresentasikan ideologi.

Penelitian kualitatif ini menggunakan ancangan analisis wacana kritis. Data utama berupa praktik kebahasaan yang merepresentasikan ideologi di dalam struktur wacana KHI (mikro, super, dan struktur makro). Wacana KHI disiarkan melalui media radio. Jadi, sumber data dalam penelitian ini berupa transkripsi (dokumen/teks) wacana KHI.

Sebagai instrumen kunci peneliti dilengkapi dengan panduan studi dokumen dan alat perekam elektronik dalam pengumpulan data. Prinsipnya, setiap data dikumpulkan, diklasifikasikan, dan kemudian dianalisis sesuai dengan fokus penelitian. Peneliti melakukan seleksi, identifikasi, klasifikasi, dan kategorisasi data dalam pengumpulan data untuk mendapatkan data yang merepresentasikan ideologi. Data dikumpulkan dengan teknik dokumentasi dengan memanfaatkan instrumen-instrumen yang ada. Dokumennya berupa barang tertulis (teks wacana KHI) yang tidak disiapkan secara khusus. Tahap pengumpulan data adalah: mendengarkan dan merekam secara rutin siaran acara KHI, mendengarkan dan  mentranskrip rekaman, serta mengumpulkan berbagai informasi yang berhubungan dengan data penelitian. Analisis data dilakukan dengan mengikuti model analisis wacana kritis perspektif van Dijk. Verifikasi temuan dilakukan melalui triangulasi kepada pakar bahasa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa wacana KHI memiliki keunikan terutama dalam hal strukturnya (struktur mikro, strutur super, dan struktur makro), yakni selalu sarat dengan ideologi tertentu.

Pertama, struktur mikro. Temuan: penyampai wacana menggunakan kata, kalimat, dan gaya bahasa tertentu dalam menyampaikan pesan-pesan ideologisnya. Secara rinci: (1) Pada tataran kata, unsur yang menampak dan dominan pada setiap bagian wacana adalah pemakaian kata persona; (2) Pada  tataran kalimat, paradigma komunikasi dalam wacana bersifat satu arah (top-down), yakni penyampai wacana merekonstruksi terhadap realitas sosial yang ada dalam menyampaikan pesan-pesan ideologisnya. Konstruksi realitas so-sial tersebut dilakukan untuk membangun citra dirinya sebagai ‘orang yang mendominasi’ (berperan sebagai penguasa, pengatur, pemegang kendali, dsb.) pada setiap peristiwa komunikasi. Berdasarkan tujuan, bentuk-bentuk kalimat