DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Keefektifan Synectics Model untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMP

Widya Tioria Bisli Gultom

Abstrak


ABSTRAK

 

Dalam meningkatkan potensi dan kualitas siswa di dalam pengembangan pribadi dan sosial pada ranah bimbingan dan konseling maka dibutuhkan berbagai keterampilan diri, salah satunya keterampilan berpikir kreatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan synectics model dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa SMP. Metode yang digunakan adalah synectics model dengan tahap-tahap yaitu (a) tahap mendeskripsikan situasi saat ini, (b) tahap analogi langsung, (c) tahap analogi personal, (d) tahap analogi langsung II, dan (e) tahap kembali ke tugas awal.Instrumen yang digunakan untuk mengukur keterampilan berpikir kreatif menggunakan rubrik keterampilan berpikir kreatif yang dikembangkan oleh peneliti. Analisis data dilakukan secara individu dan kelompok. Uji hipotesis menggunakan Wilcoxon signed rank test dengan z tabel 0, 05. Untuk uji hipotesis digunakan z hitung < z tabel maka synectics model terbukti efektif. Dari uji hipotesis keseluruhan didapat z hitung sebesar 0,017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa synectics model dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa SMP secara efektif.