DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR AGAMA KRISTEN KELOMPOK UMUR REMAJA DI SEKOLAH MINGGU GEREJA KRISTUS TUHAN JEMAAT III MALANG

Sony JUlianto

Abstrak


ABSTRAK

 

Julianto, Sony.2015. Pengembangan Bahan Ajar Agama Kristen Kelompok Umur Remaja Di Sekolah Minggu Gereja Kristus Tuhan Jemaat III Malang. .Tesis,PPSJ Teknologi Pembelajaran Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng, M.Pd. (II) Dr. Wasis D. Dwiyogo, M.Pd.

 

 Kata Kunci :  pengembangan, bahan pembelajaran, model Dick, Carey & Carey.

 

Sekolah Minggu GKT III Malang adalah lemnbaga non-formal keagamaan yang mengajarkan Pendidikan Agama Kristen pada usia kelompok umur 2 tahun sampai 12 tahun. Lembaga keagamaan ini bertujuan dalam pengembangan dan pembelajaran nilai-nilai Kristiani kepada kelompok pembelajaran pedagogi (anak-anak) yang sangat mendasar dalam mengembangkan pemahaman pebelajar mengenai imannya. Berkenaan dengan nilai penting dari tujuan tersebut, diperlukan adanya proses pembelajaran yang lebih baik. Salah satu cirri dari proses pembelajaran yang baik adalah adanya bahan pembelajaran yang lebih baik dan bermutu.

Tesis ini memuat proses pengembangan bahan pembelajaran Pendidikan Agama Kristen. Tahapan pengembangan dalam tesis ini menggunakan Dick, Carey & Carey. Pengembang memilih model ini karena Dick, Carey & Carey menawarkan desain yang utuh dan terstruktur dalam pengembahan bahan pembelajarannya.

Rangkaian kegiatan yang dilakukan pengembang dalam mengembangkan Pendidikan Agama Kristen dengan topic Pertumbuhan Iman Kristen adalah: 1). mengidentifikasi kebutuhan untuk menentukan  tujuan umum pembelajaran, 2). menanalisis pembelajaran, 3). menganalisis pebelajar dan konteks, 4). merumuskan tujuan pembelajaran khusus, 5). mengembangkan instrument penilaian, 6). mengembangkan strategi pembelajaran, 7). mengembangkan dan memilih bahan pembelajaran, 8). mendesain dan melaksanakan penilaian formatif, 9). merevisi produk pembelajaran. Selama proses pengembangan bahan pembelajaran, ahli isi pelajaran PAK, ahli media pembelajaran , ahli desain pembelajaran, pembelajar dan beberapa pebelajar memberikan tanggapan dan masukan perbaikan. Pengembangan bahan pembelajaran ini menghasilkan: 1). bahan pembelajaran, 2). panduan pembelajar, dan 3). Panduan pebelajar.

Kajian produk menunjukkan bahwa: 1). Ahli isi PAK menyetujui substansi pelajaran yang disajikan dalam bahan pembelajaran, 2). ahli media pembelajaran menyetujui yang ditampilkan dalam bahan pembelajaran, 3). ahli desain pembelajaran menyetujui proses pembelajaran yang ditawarkan dalam bahan pembelajaran, 4). Pembelajar  memberikan opini yang positif dalam penggunaan bahan pembelajaran di kelas, 5). Pebelajar memberikan respon yang antusias terhadap bahan pembelajaran.

Bahan pembelajaran yang dikembangkan oleh Sony Julianto ini dapat digunakan oleh pembelajar dan pebelajar di Sekolah Minggu GKT 3 Malang untuk kelompok umur Remaja 10-12 tahun. Bahan ini juga bisa digunakan oleh pihak-pihak yang berminat mengajarkan Pertumbuhan Iman Kristen dalam pembelajaran kelompok umur Remaja 10-12 tahun.

 

ABSTRACT

 

Julianto, Sony.2015. The Development of Christian Education Materials To Teenager At The Church Of Christ The Lord Jemaat III In Malang. . Tesis, PPSJ Teknologi Pembelajaran Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Lector (I) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng, M.Pd. (II) Dr. Wasis D. Dwiyogo, M.Pd.

 

 Key Words: developing, learning sources, Dick, Carey & Carey model.

 

The Church Of Christ The Lord Jemaat III  Sunday School in non formal Christian organization which teach Christian education to children age 10 years ago up to 12 years ago. The aim of this organization is to develop and to teach Christian values about the basic  of faith comprehension to children. According to that important values from that purpose, it needs a better learning process. One of the characteristics of brtter learning process is a better and qualified materials.

This tesis contains analytical studies on developing learning materials and product analysis that come from learning materials development. Analitical studies is done accordance to Dick, Carey and Carey. This design brings forward an integral design for developing a learning process.

Dick, Carey & Carey instructional system design I run by this phases: (1) identify instructional goal, (2) conduct instructional analysis, (3) identify entry behavior, (4) write performance objective, (5) develop criterion referenced test items, (6) develop instructional strategy, (7) develop and select instructional materials, (8) design and conduct formative evaluation, (9) revise instructional.

While running expert on learning materials development, expert on learning media, expert on learning design, content analyst give their assessments, suggestion, and opinion in order that learning materials development performs its optimal shape. This process produced: (1) text book, (2) teacher guidance, and (3) students guidance.

Product analysis show that: (1) learning content analyst gives him agreement on subject content proposal. His suggestion gives a precise orientation for text developing, (2) learning development analyst attaches values to the text book in order teacher can guide, (3) media analyst shows his appreciation, and (4) students and teachers gives their positive opinion.

The Church Of Christ The Lord Jemaat III  Sunday School, teacher and student can apply the text book produced by Sony Julianto. It also can be used by  others that have an interest on this subject.

 

 Daftar Riwayat Hidup

 

Sony Julianto dilahirkan 19 Juli 1972 di Kota  Malang Jawa Timur. Putra ke 3 dari pasangan Djani dan Kushartiningsih.

 

Pendidikan dasar ditempuh di SD Negeri Rampal Celaket II Malang lulus tahun 1985. Pendidikan menengah pertama ditempuh di SMP Negeri 5 Malang lulus tahun 1988. Pendidikan menengah kejuruan ditempuh di SMT Grafika PGRI Malang lulus tahun 1991. Pada tahun 1991 sampai tahun 2000 bekerja dibidang percetakan dan sekretariat lembaga keagamaan Gereja. Pada tahun 2000 menempuh pendidikan seminari di Institut Aletheia  Lawang (sekarang Sekolah Tinggi Teologia Aletheia Lawang) dan lulus pada tahun 2006 dengan gelar Sarjana Pendidiakn Kristen (S.P.K). Pada tahun 2006 bertugas sebagai rohaniwan di Gereja GKT III Malang sampai sekarang.

Pada tahun 2010 menikah dengan Sunarni dan pada tahun 2013 dikarunia anak laki-laki Mark Alexander Julianto. Pada tahun 2010 ia berkesempatan melanjutkan studi Program Magister Studi Teknologi Pembelajaran di Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang lulus tahun 2016.

 

ABSTRAK

 

Julianto, Sony.2015. Pengembangan Bahan Ajar Agama Kristen Kelompok Umur Remaja Di Sekolah Minggu Gereja Kristus Tuhan Jemaat III Malang. .Tesis,PPSJ Teknologi Pembelajaran Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng, M.Pd. (II) Dr. Wasis D. Dwiyogo, M.Pd.

 

 Kata Kunci :  pengembangan, bahan pembelajaran, model Dick, Carey & Carey.

 

 Sekolah Minggu GKT III Malang adalah lemnbaga non-formal keagamaan yang mengajarkan Pendidikan Agama Kristen pada usia kelompok umur 2 tahun sampai 12 tahun. Lembaga keagamaan ini bertujuan dalam pengembangan dan pembelajaran nilai-nilai Kristiani kepada kelompok pembelajaran pedagogi (anak-anak) yang sangat mendasar dalam mengembangkan pemahaman pebelajar mengenai imannya. Berkenaan dengan nilai penting dari tujuan tersebut, diperlukan adanya proses pembelajaran yang lebih baik. Salah satu cirri dari proses pembelajaran yang baik adalah adanya bahan pembelajaran yang lebih baik dan bermutu.

Tesis ini memuat proses pengembangan bahan pembelajaran Pendidikan Agama Kristen. Tahapan pengembangan dalam tesis ini menggunakan Dick, Carey & Carey. Pengembang memilih model ini karena Dick, Carey & Carey menawarkan desain yang utuh dan terstruktur dalam pengembahan bahan pembelajarannya.

Rangkaian kegiatan yang dilakukan pengembang dalam mengembangkan Pendidikan Agama Kristen dengan topic Pertumbuhan Iman Kristen adalah: 1). mengidentifikasi kebutuhan untuk menentukan  tujuan umum pembelajaran, 2). menanalisis pembelajaran, 3). menganalisis pebelajar dan konteks, 4). merumuskan tujuan pembelajaran khusus, 5). mengembangkan instrument penilaian, 6). mengembangkan strategi pembelajaran, 7). mengembangkan dan memilih bahan pembelajaran, 8). mendesain dan melaksanakan penilaian formatif, 9). merevisi produk pembelajaran. Selama proses pengembangan bahan pembelajaran, ahli isi pelajaran PAK, ahli media pembelajaran , ahli desain pembelajaran, pembelajar dan beberapa pebelajar memberikan tanggapan dan masukan perbaikan. Pengembangan bahan pembelajaran ini menghasilkan: 1). bahan pembelajaran, 2). panduan pembelajar, dan 3). Panduan pebelajar.

Kajian produk menunjukkan bahwa: 1). Ahli isi PAK menyetujui substansi pelajaran yang disajikan dalam bahan pembelajaran, 2). ahli media pembelajaran menyetujui yang ditampilkan dalam bahan pembelajaran, 3). ahli desain pembelajaran menyetujui proses pembelajaran yang ditawarkan dalam bahan pembelajaran, 4). Pembelajar  memberikan opini yang positif dalam penggunaan bahan pembelajaran di kelas, 5). Pebelajar memberikan respon yang antusias terhadap bahan pembelajaran.

Bahan pembelajaran yang dikembangkan oleh Sony Julianto ini dapat digunakan oleh pembelajar dan pebelajar di Sekolah Minggu GKT 3 Malang untuk kelompok umur Remaja 10-12 tahun. Bahan ini juga bisa digunakan oleh pihak-pihak yang berminat mengajarkan Pertumbuhan Iman Kristen dalam pembelajaran kelompok umur Remaja 10-12 tahun.

 

ABSTRACT

 

Julianto, Sony.2015. The Development of Christian Education Materials To Teenager At The Church Of Christ The Lord Jemaat III In Malang. . Tesis, PPSJ Teknologi Pembelajaran Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Lector (I) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng, M.Pd. (II) Dr. Wasis D. Dwiyogo, M.Pd.

 

Key Words: developing, learning sources, Dick, Carey & Carey model.

 

The Church Of Christ The Lord Jemaat III  Sunday School in non formal Christian organization which teach Christian education to children age 10 years ago up to 12 years ago. The aim of this organization is to develop and to teach Christian values about the basic  of faith comprehension to children. According to that important values from that purpose, it needs a better learning process. One of the characteristics of brtter learning process is a better and qualified materials.

This tesis contains analytical studies on developing learning materials and product analysis that come from learning materials development. Analitical studies is done accordance to Dick, Carey and Carey. This design brings forward an integral design for developing a learning process.

Dick, Carey & Carey instructional system design I run by this phases: (1) identify instructional goal, (2) conduct instructional analysis, (3) identify entry behavior, (4) write performance objective, (5) develop criterion referenced test items, (6) develop instructional strategy, (7) develop and select instructional materials, (8) design and conduct formative evaluation, (9) revise instructional.

While running expert on learning materials development, expert on learning media, expert on learning design, content analyst give their assessments, suggestion, and opinion in order that learning materials development performs its optimal shape. This process produced: (1) text book, (2) teacher guidance, and (3) students guidance.

Product analysis show that: (1) learning content analyst gives him agreement on subject content proposal. His suggestion gives a precise orientation for text developing, (2) learning development analyst attaches values to the text book in order teacher can guide, (3) media analyst shows his appreciation, and (4) students and teachers gives their positive opinion.

The Church Of Christ The Lord Jemaat III  Sunday School, teacher and student can apply the text book produced by Sony Julianto. It also can be used by  others that have an interest on this subject.