DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Perilaku Ekonomi Kreatif Siswa Sekolah Alternatif Qaryah Thayyibah Salatiga

Valdyan Drifanda

Abstrak


ABSTRAK

 

Pendidikan merupakan salah satu faktor yang sangat menentukan kemajuan suatu bangsa. Dengan adanya pendidikan yang memadai maka kualitas sumber daya manusia di Indonesia akan berkembang dan mampu bersaing di kancah internasional. Hal ini tidak terlepas dari tujuan pendidikan nasional dalam UU no20 tahun 2003 tentang sisdiknas. Sekolah alternatif Qaryah Thayyibah adalah salah satu sekolah yang tidak mengikuti kurikulum nasional dari kemendikbud. Kurikulum sekolah Qaryah Thayyibah adalah bebas berkarya, bebas dalam arti pembelajaran bebas sesuai dengan kebutuhan siswa dan diwajibkan berkarya/menghasilkan karya.

Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan pendekatan Fenomenologi. Analisis dalam penelitian ini dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus pada setiap tahapan sehingga sampai tuntas dan datanya sampai jenuh. Subyek dalam penelitian ini adalah Siswa sekolah alternatif Qaryah Thayyibah Salatiga. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan observasi dan wawancara.

Dari hasilanalisis data diketahuibahwa (1) motivasi yang melatar belakangi terbentuknya perilaku ekonomi kreatif siswa-siswi sekolah alternatif Qaryah Thayiibah adalah untuk mengembangkan minat, ingin menyampaikan pendapatnya, ingin berkarya/menghasilkan karya dan pengaruh latar belakang pekerjaan orang tua (2) internalisasi perilaku ekonomi kreatif siswa besar dipengaruhi oleh jalur pendidikan formal.Sekolah Qaryah Thayyibah mempunyai sistem pembelajaran tidak menggunakan guru. Hal ini karena pihak sekolah menginginkan pembelajaran yang membebaskan siswanya, dalam artian siswa belajar sesuai dengan kebutuhannya.Sekolah alternatif Qaryah Thayyibah juga mewajibkan siswanya untuk berkarya/menghasilkan karya. para siswa juga dididik untuk membuat target untuk menunjang pembuatan karya dan mengevaluasinya sendiri target yang telah dibuat.

Berdasarkan hasil penelitian disarankan: (1) Bagi Mahasiswa Fakultas Ekonomi UM untuk lebih memamahi bagaimana terbentuknya perilaku ekonomi kreatif. Dan diharapkan sebagai bahanin formasi dan masukan untuk mengembangkan wawasan pengetahuan yang berimplikasi terhadap bidang ekonomi. (2) bagi pengembang ilmu Diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan sumbangan pengembangan bidang keilmuan dan penjelasan teori, khususnya tentang perilaku ekonomi kreatif. Selain itu diharapkan dapat memberikan sumbangan bagi pengembangan kajian pendidikan khususnya pendidikan ekonomi.