DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Model Pembelajaran Ekspresi Imajinasi untuk Menulis Puisi Bebas Kelas V Sekolah Dasar

Yunika Afryaningsih

Abstrak


ABSTRAK

 

PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN EKSPRESI IMAJINASI

UNTUK MENULIS PUISI BEBAS KELAS V SEKOLAH DASAR

DEVELOPMENT OF EXPRESSION IMAGINATION MODEL OF LEARNING FOR WRITING FREE POETRY 5th GRADE OF ELEMENTARY SCHOOL

 

Yunika Afryaningsih1, Yuni Pratiwi2, Muakibatul Hasanah3

S2 Pendidikan Dasar, Universitas Negeri Malang

E-mail: Yunika.afryaningsih@gmail.com

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk model pembelajaran ekspresi imajinasi yang disajikan dalam bentuk buku panduan untuk guru dalam pembelajaran menulis puisi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada prosedur penelitian pengembangan Borg dan Gall. Berdasarkan data hasil uji validasi dan uji lapangan terbatas yang dilaksanakan di kelas V SDN 08 SKPB SP. E Kelansam diperoleh persentase skor keseluruhan kelayakan model pembelajaran ekspresi imajinasi oleh ahli puisi mencapai 83,3%, ahli pembelajaran puisi mencapai 96,9%, serta praktisi mencapai 89,6%. Dengan demikian, tingkat kelayakan model pembelajaran ekspresi imajinasi secara keseluruhan mencapai 89,9% sehingga mendapat kualifikasi layak untuk diimplementasikan.

Kata Kunci: model pembelajaran ekspresi imajinasi, menulis puisi bebas

 

Abstract: This study aims to produce expression imagination model of learning presented in the form of guide books for teachers in learning to write poetry. The method used in this study refers to the research procedures development Borg and Gall. Based on test data validation and limited field tests conducted at 5th grade SDN 08 SKPB SP. E Kelansam percentage score for overall feasibility study expression imagination model of learning by the expert of poetry reached 83.3%, by the expert of learning poetry reached 96.9%, and the teacher reached 89,6%. Therefore, the feasibility study expression imagination model of learning as a whole reached 89,9%, so get decent qualifications to be implemented.

 

Key Word: expression imagination model of learning, writing free verse