DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pelaksanaan Pembelajaran Membaca di Kelas VI Sekolah Dasar Negeri Jeru 02 Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang

Nany Safrianty

Abstrak






PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MEMBACA DI KELAS VI SEKOLAH DASAR NEGERI JERU 02 KECAMATAN TUMPANG KABUPATEN MALANG

LEARNING OF READING IMPLEMENTATION IN CLASS VI ELEMENTARY SCHOOL OF JERU 02 KECAMATAN TUMPANG KABUPATEN MALANG.

Nany Safrianty1, Imam Agus Basuki2, Nurchasanah3
Universitas Negeri Malang
E-mail: nany.safrianty@yahoo.co.id


ABSTRAK:. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan lima aspek mengenai pembelajaran membaca yaitu bahan ajar, strategi pembelajaran, media pembelajaran, sumber belajar, dan evaluasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Berdasarkan data dalam penelitian, ditemukan lima hal mengenai aspek pembelajaran membaca, yaitu: (1) bahan ajar yang digunakan dalam penelitian ini merupakan teks bacaan mencakup klasifikasi unsur-unsur yang terdapat dalam teks dan pemahaman mengenai isi teks untuk menemukan informasi penting dan menyelesaikan soal yang berkaitan dengan teks; (2) strategi pembelajaran yang digunakan adalah ceramah, tanya jawab, diskusi dan penugasan; (3) media pembelajaran yang digunakan berbentuk teks bacaan yang diperoleh dari fotokopi buku paket, koran, maupun majalah anak; (4) sumber belajar yang digunakan berupa buku paket, koran, dan majalah anak; dan (5) evaluasi yang diterapkan oleh guru dalam pembelajaran membaca meliputi menyelesaikan soal yang terkait dengan bacaan dan menemukan informasi penting yang terdapat dalam teks bacaan. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat sebagai pertimbangan untuk guru bahasa Indonesia bagi proses pelaksanaan pembelajaran membaca di SD.

Kata Kunci: pembelajaran membaca, bahan ajar, strategi pembelajaran, media pembelajaran, sumber belajar, evaluasi.

ABSTRACT: This research was carried out with the aim to describe five aspects about learning of reading, include learning materials, learning strategies, learning media, learning resource, and evaluation. This research is descriptive research. Based on the data found in research, five things about this aspect of learning of reading is: (1) learning materials that used in this research is reading text include unsures classification based on the text and understanding about content of the text to find important information and resolving the question that related to text; (2) learning strategies used are lectures, question and answer, discussion, and assignments; (3) learning media use shaped text reading obtained from photocopying a main book of learning, newspaper, or child’s magazine; (4) learning resources used in the form of a main book of learning, newspaper and child’s magazine; and (5) evaluation that teacher used in this learning of reading includes solve the question related to the reading and find important information contained in the text of reading.  

Keyword: learning of reading, learning materials, learning strategies, learning media, learning resources, evaluation.