DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Bahan Ajar Geografi pada Materi Penelitian Geografi melalui E-Learning.

Lilis Hargiani Adi

Abstrak


ABSTRAK

 

 

Adi, Lilis Hargiani. 2015. Pengembangan Bahan Ajar Geografi pada Materi

Penelitian Geografi melalui E-Learning. Tesis. Program Studi Pendidikan

Geografi, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang.

 Pembimbing: (1) Prof. Dr. Sumarmi, M.Pd., (II) Dr. Ach. Amirudin,

M.Pd.

 

Kata kunci: pengembangan, bahan ajar, geografi, e-learning.

 

 Penelitian geografi merupakan materi yang baru diterapkan dalam

pelajaran geografi. Pada saat pembelajaran ditemukan beberapa masalah,

masalah-masalah tersebut adalah (1) bahan ajar belum memenuhi syarat dan

kriteria, dan (2) keterbatasan waktu yang tersedia. Kedua komponen tersebut

secara tidak langsung akan berpengaruh terhadap kualitas pembelajaran.

Permasalahan-permasalahan yang tersebut perlu segera mendapat perhatian dan

pemecahan. Masalah-masalah penting yang perlu ditangani adalah pengembangan

bahan ajar yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik.

 Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk mewujudkan bahan ajar

berupa e-learning menggunakan software exe-learning. Bahan ajar berupa elearning

ini diharapkan dapat meningkatkan kesiapan peserta didik, khususnya

untuk materi penelitian geografi. Model pengembangan yang digunakan dalam

pengembangan bahan ajar ini adalah Model Dick and Carey. Produk

pengembangan materi penelitian geografi, selanjutnya mengalami beberapa

tahapan uji coba untuk mendapatkan data-data sebagai bahan penyempurnaan

produk pengembangan. Tahapan-tahapan uji coba yang dilakukan adalah (1)

validasi oleh ahli materi, (2) validasi ahli desain dan media pembelajaran, (3) uji

coba kelompok kecil, dan (4) uji coba lapangan.

 Bahan ajar berupa e-learning yang dihasilkan dalam pengembangan

memiliki komponen-komponen (1) judul atau topik, (2) petunjuk penggunaan elearning,

(3) pengantar atau prakata, (4) kompetensi inti/kompetensi dasar, (5)

tujuan kegiatan pembelajaran, (6) pretes (cek kemampuan), (7) kegiatan

pembelajaran (materi), (8) rangkuman, (9) soal latihan/tugas, (10) tes formatif, ,

(11) kunci jawaban, dan (12) daftar rujukan. Setelah melalui uji coba,

menunjukkan bahan ajar yang dikembangkan, layak digunakan dalam mata

pelajaran penelitian geografi. Hal ini diperkuat dengan hasil penilaian angket,

berdasarkan uji coba lapangan berada di atas kriteria yang ditetapkan, yakni di

atas 71% sehingga layak digunakan.

 Berdasarkan temuan penelitian, beberapa saran yang diperkirakan dapat

meningkatkan pengembangan e-learning adalah kajian-kajian pada

pemanfaatannya sebagai komplemen pembelajaran. Kajian tersebut meliputi

evaluasi dalam hal: (1) karakteristik peserta didik, sampai sejauhmana kesiapan

peserta didik dalam mengikuti pembelajaran berbasis e-learning, (2) kesiapan

guru pengampu dan pengelola web (admin), (3) ketersediaan perangkat

penunjang.