DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penggunaan Multimedia Dalam Pembelajaran IPS-Geografi Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Semester Genap Kelas VII B SMPN 1 Tekung Kabupaten Lumajang

Muhammad Suhudi

Abstrak


ABSTRAK

 

Suhudi, Muhammad. 2015. Penggunaan Multimedia Dalam Pembelajaran IPS-Geografi Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Semester Genap Kelas VII B SMPN 1 Tekung Kabupaten Lumajang. Tesis, Jurusan Pendidikan Geografi Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Sumarmi, M. Pd, (II) Dr. Achmad Amirudin, M. Pd.

 

Kata kunci:Hasil belajar, Multimedia, Pembelajaran IPS Geografi.

 

Hasil belajar yang rendah terhadap pelajaran IPS-Geografi terjadi di kelas VII SMPN 1 Tekung Kabupaten Lumajang.Rendahnya hasil belajar siswa terlihat pada  ketuntasan belajar, aktivitas belajar, hasil tes.  Pada kelas VII B SMP Negeri 1 Tekung tercatat ketuntasan belajar pada ulangan harian sebelumnya rendah. Ulangan harian pada materi keadaan geografi wilayah Indonesia rata-rata nilai mencapai 72,8.  Siswa kelas VII B yang mencapai KKM (75), sebanyak 26 siswa dari 36 siswa (72,2%). Ketuntasanklasikal (85%) belum tercapai.

Aktivitas belajar yang rendah terlihat dari lambatnya mengeluarkan dan membuka buku pelajaran.Sejumlah 47% dari 36 siswa kelas VII B juga sangat sulit berkonsentrasi mengikuti pembelajaran. Siswa masih melakukan kegiatan yang tidak berhubungan dengan pembelajaran seperti bergurau, menggoda teman, ijin ke belakang, dan coret-coret di buku tulis. Selama pembelajaran berlangsung siswa juga kurang antusias.Saat diminta mengumpulkan laporan hasil kerja, rata-rata 50% dari jumlah siswa yang mengumpulkan.

Penggunaan multimedia dalam pembelajaran Geografisangat relevandengan permasalahan di kelas VII B SMP Negeri 1 Tekung.Pembelajaran dengan menggunakan media: gambar, lukisan, foto, slide, film, dan video tentang obyek-obyek yang menjadi materi pembelajaran akan membantu siswa dalam memahami materi pembelajaran. Selain menghemat kata-kata, menghemat waktu, penjelasan guru akan lebih mudah dimengerti oleh siswa.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilak-sanakandi SMP Negeri 1 Tekung Kabupaten Lumajang.Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini yaitu siswa kelas VII B semester genap tahun ajaran 2011/2012 SMP Negeri 1 Tekung yang berjumlah 36 siswa.Data dalam penelitian ini diperoleh dari siswa sebagai subyek penelitian.Pengum-pulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes hasil belajar.

Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dapat disimpulkan:Pem-belajaran IPS Geografi dengan multimedia dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Tekung Kabupaten Lumajang