DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Metode Permainan Kartu Persegi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika materi Bangun Kubus Siswa Kelas IV SDN Batu Ampar Pelaihari.

Dahliana

Abstrak


ABSTRAK

 

Dahliana, 2015. Penerapan Metode Permainan Kartu Persegi untuk Meningkatkan

Hasil Belajar Matematika materi Bangun Kubus Siswa Kelas IV SDN

Batu Ampar Pelaihari. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar, Program

Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Edy

Bambang Irawan, M.Pd., (II) Dr. Subanji, M.Si.

 

Kata Kunci: metode permainan kartu persegi, hasil belajar, bangun kubus.

 

 Bangun kubus merupakan salah satu bangun ruang sederhana untuk materi

Matematika di Sekolah Dasar. Studi pendahuluan di SDN Batu Ampar Pelaihari

menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa pada bangun datar belum memenuhi

Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Oleh karena itu, perlu upaya menerapkan

pembelajaran yang dapat meningkatkan prestasi siswa. 

Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian

Tindakan Kelas (PTK) dengan langkah-langkah perencanaan, pelaksanaan,

observasi, dan refleksi. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam dua

siklus; setiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan pembelajaran dan 1 kali

pertemuan evaluasi pembelajaran. 

Analisis data menunjukkan bahwa pemahaman siswa terhadap konsep

bangun kubus meningkat setelah diterapkannya metode permainan kartu persegi.

Peningkatan hasil belajar kognitif ditandai dengan peningkatan ketuntasan

klasikal 88.24 dan skor rata-rata tes akhir 83,24 pada Siklus II yang mampu

melampaui KKM yang ditentukan yakni 70. 

Berdasarkan hasil temuan tersebut, disarankan kepada guru Matematika di

SD untuk menerapkan metode permainan kartu persegi dalam upaya

meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.