DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Metafora dalamPuisi Gus Mus.

Indah Permatahati

Abstrak


ABSTRAK

 

Permatahati, Indah. 2015. Metafora dalamPuisi Gus Mus. Tesis. JurusanPendidikanBahasa Indonesia, Program PascasarjanaUniversitasNegeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Hj. YuniPratiwi, M.Pd., (II) Dr. Roekhan, M.Pd.

 

Kata kunci: metafora, puisi, penggunaan, fungsi

 

Puisi-puisi Gus Musacapkalimengangkatfenomenakehidupan di pesantren.Budayawandancendekiawanmusliminimenuturkanpuisidenganmetafora yang menarikuntukditeliti.Fokuspenelitianmeliputiduahalyakni (1) penggunaanmetaforadalampuisi Gus Musdan (2) fungsipuisi Gus Mus.

Penelitianinimenggunakanrancangankualitatif.Jenispenelitianiniadalahpenelitiananalisisdokumen.Data penelitianberupa unit-unit tekspuisi yang mengandungmetafora.Data penelitianinibersumberdaritekspuisi Gus Mus yang kemudiandianalisisberdasarkanteorimetafora.Sumber data dalampenelitianiniberupasepuluhpuisi Gus Mus, tigapuisidaribukukumpulanpuisi Gus MusberjudulPahlawandanTikus, tujuhpuisiyang diunduhdari internet.Kesepuluhjudulpuisitersebutadalah: Sujud, Cintamu, Ibu, Di NegeriAmplop, DalamKereta,TekaTeki,Akhirnya, KinilahSaatnyaBerterusTerang, GelombangGelapdanTahta.Kriteria yang digunakanuntukmenentukanpuisi yang dijadikansumber data yaitu (1) isipuisisesuaidenganfokuspenelitian, (2) puisimengandungmetafora yang dominan, dan (3) isipuisimemilikikorelasidenganfenomenasosialpadasaatpuisitersebutditulis.

Hasilpenelitianmenunjukkanbahwametaforadalampuisi Gus Musdidominasiolehmetaforaimplisit.Unsur tenor dan vehicle yang tidakdisertakansecarasekaligusmenunjukkanbahwahal yang dibandingkandan yang digunakanuntukmembandingkandidapatkanolehpembaca di luartekspuisi.Hal inimendorongpembacauntukmenghubungkankaitanantara kata yang digunakanpenyairdenganunsur di luartekspuisi, sehinggaisipuisisangateratberhubungandenganaspek di luarpuisi.Unsur di luarpuisi yang dimaksudkanadalahlatarbelakangpenulispuisi, fenomena yang terjadisaatpenulisanpuisisertakondisimasyarakat yang adapadasaatitu.Hasilkeduadaripenelitianiniadalahtemuanbahwafungsipuisi Gus Musyakniuntuk: (1) menyatakankritik, (2) mengungkapkanperasaan, (3) menyatakanhujatan, (4) menyatakannasihat, (5) melakukanintrospeksi. Fungsipuisiuntukmenyatakankritikdiklasifikasikanmenjaditigasudutpandangyaknisudutpandang agama, psikologi, dansosial.Ketigasudutpandanginimemilikititiktekan yang berbeda.

Berdasarkanhasilpenelitian, saran pertamaditujukankepadadosenpengampumatakuliahApresiasiPuisi agar menggunakanpuisi-puisi yang mengandungmetaforadenganjenismetafora yang beragam.Puisi Gus MusjugasangatdisarankanuntukdigunakandalampembelajaranmatakuliahApresiasiPuisi.Metaforaimplisit yang dominanpadapuisi-puisi Gus Musmendorongpembacauntuksenantiasamencarikorelasimaknatekstualdengankondisidanfaktordariluarteks. Hal iniakanmeningkatkandayakritisdankreativitasmahasiswa. Tekstidaksemata-matadipahamisecaraharfiah, tetapijugamemperhitungkanhubungan-hubungan lain di luartekstersebut; dan saran keduaditujukankepadapenelitisastrauntukmengembangkanpenelitianlebihlanjuttentangmetafora yang terkandungdalampuisipenyair yang lain. Karyasastra Gus Mus yang lain, misalnyapadacerpen-cerpen Gus Mus.