DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

STANDAR PROGRAM PENGUKURAN KENYAMANAN LINGKUNGAN BELAJAR BERBASIS ERGONOMI

Henry Praherdhiono

Abstrak


ABSTRAK

 

STANDAR PROGRAM PENGUKURAN

KENYAMANAN LINGKUNGAN BELAJAR

BERBASIS ERGONOMI

 

Henry Praherdhiono

Universitas Negeri Malang

Jl Semarang 5 Malang

henry.praherdhiono.fip@um.ac.id

 

Ergonomi menjadi bagian dalam instrumen kenyamanan lingkungan belajar. Program pengukuran kenyamanan ruang belajar yang dikaitkan dengan kondisi-kondisi fisik lingkungan belajar memerlukan standar agar mampu melihat peningkatan performa pebelajar. Penelitian dan pengembangan menggunakan model pengembangan Dignan and Carr (1992). Metode pengembangannya berupa tahapan yang memberikan rangkaian analisis responden dan lingkungan historis sehingga menjadi data kegiatan secara detail dan operasional untuk membuat standar program pengukuran kenyamanan lingkungan belajar secara sistematis. Pengembangan menghasilkan produk standar program pengukuran kenyamanan lingkungan belajar berbasis ergonomi yang terdiri dari pengembangan simulator lingkungan belajar dan instrumen kualitatif untuk mengukur tingkat kenyamanan pembelajaran. Standar program menggunakan kategori ergonomi dalam lingkung-an belajar menurut Mc Vey (2001). Landasan umum program pengukuran kenyamanan lingkungan belajar menggunakan indikator-indikator lingkungan yang dapat dapat dirasakan indrawi pebelajar.