DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

pengembangan buku ajar materi Human genome Project (HGP) pada matakuliah bioteknologi dalam rangka meningkatkan hasil belajar mahasiswa prodi pendidikan biologi universitas negeri malang

hijrah - sudrajat

Abstrak


ABSTRAK

 

Sudrajat, Hijrah. 2015. Pengembangan Bukun Ajar Materi Human Genom Project  (HGP) pada Mata Kuliah Bioteknologi dalam Rangka Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi Universitas Negeri Malang. Tesis. Program Studi Pendidikan Biologi, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Pembimbing: (1) Dr. H. Istamar Syamsuri, M.Pd, dan, (2) Prof. Dr. Siti Zubaidah, M.Pd.

 

 Kata Kunci: pengembangan, buku ajar, human genome project (HGP), hasil belajar.

 

Human Genom Project  (HGP) merupakan proyek yang dikoordinasikan oleh Departemen of Energy (DOE) and the National Institutes of Health USA (NIH). HGP dimulai pada tahun 1990 dan selesai pada tahun 2003. Tujuannya adalah untuk menentukan urutan lengkap dari 3 miliar subunit DNA, mengidentifikasi seluruh gen manusia, membuatnya dapat diakses lebih jauh untuk kepentingan penelitian Biologi, dan mempelajari berbagai dampak sosial, etis, bahkan dampak politis yang timbul dari pemetaan yang dilakukan. Hasil angket mahasiswa dan wawancara yang dilakukan pada dosen Universitas Negeri Malang menyatakan kekurangan sumber belajar yang memuat materi HGP. Hal tersebut diperlukan adanya pengembangan bahan ajar HGP yang mampu menunjang pekuliahan dan sesuai dengan karakteristik mahasiswa. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan produk berupa buku ajar Human Genom Project  (HGP) pada matakuliah Bioteknologi yang layak dan efektif  untuk mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi Universitas Negeri Malang.

Buku ajar disusun dan dikembangkan dengan mengadaptasi 4 langkah model pengembanganThiagarajan (1974). Langkah pertama dengan melakukan (1) define, dengan menganalisis kebutuhan di lapangan dilihat dari SK-KD, mahasiswa, tugas dan konsep, (2) design, dengan membuat prototipe buku ajar yang dibagi menjadi 3 bagian utama meliputi bagian awal, bagian inti, dan bagian penutup, (3) develop, dengan melakukan validasi buku ajar oleh ahli materi, ahli  media dan ahli bahasa, serta (4) disseminate, dengan melakukan kegiatan uji coba kelompok kecil dan uji lapangan. Tahapan uji coba kelompok kecil dilakukan pada 9 orang mahasiswa semester VIII dan uji lapangan dilakukan pada 25 orang mahasiswa semester VI, yang semuanya dilakukan di Universitas Negeri Malang.

Hasil uji validasi ahli materi menunjukkan rata-rata persentase keseluruhan produk yaitu sebesar 83,7% termasuk kriteria sangat layak dan tidak perlu direvisi. Hasil uji validasi ahli media menunjukkan rata-rata persentase keseluruhan produk sebesar 71% termasuk kriteria layak dan tidak perlu direvisi. Hasil uji validasi ahli bahasa menunjukkan rata-rata persentase keseluruhan produk sebesar 79,19% termasuk kriteria layak dan tidak perlu direvisi. Hasil uji coba kelompok kecil rata-rata 78,2% termasuk kriteria layak dan tidak perlu direvisi.

Hasil uji validasi digunakan sebagai dasar tindakan revisi sebelum pelaksanaan uji lapangan. Uji lapangan dilakukan dengan melakukan pembelajaran dikelas yang diakhiri dengan tes uji kompetensi. Hasil belajar dari 25 orang mahasiswa memiliki nilai rata-rata kelas sebesar 74,84 dan persentase perolehan nilai ≥70 sebesar 76 %. Uji coba produk dianggap berhasil jika lebih dari 75% mahasiswa memperoleh nilai minimal 70.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat dikemukakan saran sebagai berikut (1) Buku ajar  matakuliah Bioteknologi materi HGP dapat digunakan sebagai sumber belajar selama pelaksanaan perkuliahan Bioteknologi. (2)Buku ajar  matakuliah Bioteknologi materi HGP dapat digunakan dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar berupa kognitif, afektif, dan psikomotor karena dilengkapi dengan kegiatan mahasiswa berupa praktikum. (3) Aspek kebahasaan harus diperhatikan karena merupakan salah satu elemen penting yang dapat memberikan kemudahan bagi pengguna buku ajar untuk memahami materi yang disampaikan.

 

ABSTRACT

 

 Sudrajat, Hijrah. 2015. Developing Human Genome Project (HGP) Material Textbook on Biotechnology to Improve Learning Outcomes Subject for Biology Students. Thesis. Department of Biology Education, Post Graduate Program at State University of Malang. Advisors: (I) Dr. H. Istamar Syamsuri, M.Pd, (II) Prof. Dr. Siti Zubaidah, M.Pd.

 

Keywords: Development, Textbook, Human Genome Project (HGP),

 

Human Genome Project (HGP) is a project coordinated by the Department of Energy (DOE) and the National Institutes of Health USA (NIH). HGP began in 1990 and was completed in 2003. The aim is to determine the complete sequence of the 3 billion DNA subunits, identify all human genes, making it more accessible for Biology research purposes, and studied the effects of social, ethical, and even political impact arising from the mapping which has been conducted. Results of student questionnaires and interviews conducted on lecturer at the State University of Malang, there is a shortage of learning resources that contain HGP material. Seeing the case, there is the need for the development of teaching materials that is capable in HGP supporting lecturing and in accordance with the characteristics of the students. The research objective of this development is to produce products such as textbook on Human Genome Project (HGP) in Biotechnology courses which is feasible and effective for the students of Biology Education at State University of Malang.

Textbook was conceived and developed by adapting the 4 steps of development by Thiagarajan model (1974). The first step is: (1) define, it is done analyzing the needs on the field by viewing basic competence, students, tasks and concept (2) design, it is done by creating a prototype textbook that is divided into 3 main sections covering the first part, the core part, and the concluding part; (3) develop, it is done by validating the textbook by materials experts, media experts and linguists; and (4) disseminate, it is done by conducting tests on small groups and field tests. This stage was conducted on 9 students of the eight semester and the firld test was conducted on the 25 students from the sixth semester at State University of Malang.

The results of the validation test from the experts material showed the average percentage of the overall product that is equal to 83.7% is very feasible criteria and does not need to be revised. Results of the validation test from the experts media showed average percentage of overal product a value of 71% decent and does not need to be revised criteria. Results of the linguists validation test aspects showed the average percentage of total product a value of 79.19% decent and does not need to be revised. Results of testing a small group average of 78.2% with decent criteria and do not to be revised.

The result of the validation test is used as the basis for a revised action before the field tests. Field test was done by classroom learning that ends with a test competency test. Result of study was 25 students has an average score of 74.84 and the percentage of classes acquisition value of ≥70 of 76%. Product trials are considered successful if more than 75% of students scored at least 70.

Based on these results, it can be suggested that: (1) Biotechnology Textbooks course on HGP material can be used as a learning resource during the execution of Biotechnology lecture; (2) Biotechnology Textbooks course on HGP material can be used in the process of learning to improve learning outcomes in the form of cognitive, affective, and psychomotor because it is equipped with student activities in form of practice; and (3) linguistic aspects must be considered because it is one of the important elements that can make it easier for the textbook users to understand the presented material.