DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Gesture Mahasiswa Berdasarkan Aktivitas Metakognitif dalam Pembuktian Matematis

El Milla Yulia Izza

Abstrak


ABSTRAK

 

El Milla, Yulia Izza. 2015. Gesture Mahasiswa Berdasarkan Aktivitas Metakognitif

dalam Pembuktian Matematis. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika,

Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Subanji, M.Si,

(II) Drs. Tjang Daniel Chandra, M.Si, Ph.D.

 

Kata kunci: gesture, metakognisi, pembuktian matematis, mahasiswa, diskusi.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gesture dalam aktivitas

metakognitif sehingga berfokus pada gesture yang muncul dalam suatu aktivitas

metakognitif. Hal ini didasarkan pada fakta bahwa gesture berkaitan erat dengan

kognisi. Gesture menggambarkan bagaimana seseorang berpikir dan berbicara

matematis. Metakognisi merupakan pengetahuan dan kesadaran seseorang akan

kognisinya. Dengan demikian, terdapat keterkaitan antara gesture dengan

metakognisi.

Aktivitas metakognitif yang diteliti merupakan aktivitas metakognitif dalam

konteks sosial. Hasil diperoleh dari 6 subjek yang dibagi menjadi 3 kelompok.

Setiap kelompok subjek diberikan tugas soal pembuktian matematis bersifat nonspasial.

Setiapkelompoksubjekdianjurkanuntukberdiskusidalammenyelesaikan

tugas

 

pembuktian matematis yang diberikan. Subjek yang dipilih merupakan

mahasiswa S1 pendidikan matematika di Universitas Negeri Malang yang telah

menempuh mata kuliah mengenai pembuktian matematis. Subjek melakukan think

aloud pada saat proses diskusi untuk mendeteksi gesture dan aktivitas metakognitif

yang muncul.

Klasifikasi aktivitas metakognitif dalam konteks problem-solving yang diteliti

dikodekan ke dalam 3 macam berdasarkan klasifikasi Wilson, yaitu: metacognitive

awareness, metacognitive regulation, dan metacognitive evaluation. Indikator

aktivitas metakognitif yang digunakan untuk menglasifikasikan aktivitas

metakognitif yang muncul didasarkan pada indikator yang disusun oleh Magiera

dan Zawojewski. Gesture yang diteliti dikodekan menjadi 4 macam berdasarkan

klasifikasi McNeill, yaitu: iconic gesture, metaphoric gesture, deixis gesture, dan

tempo (beat gesture). Hasil analisis menunjukkan diperoleh total 333 gesture dalam

aktivitas metakognitif yang muncul selama proses diskusi dari ketiga kelompok.

Iconic gesture, metaphoric gesture, dan deixis gesture muncul secara lengkap

didampingi oleh aktivitas metacognitive awareness, metacognitive regulation, dan

metacognitive evaluation pada masing-masing kelompok. Indikator aktivitas

metakognitif yang dipenuhi oleh tiap kelompok berbeda antara kelompok satu

dengan yang lain. Temuan penelitian menunjukkan bahwa gesture yang muncul

mengindikasikan terjadinya aktivitas metakognitif pada subjek. Hasil ini

menyatakan bahwa gesture dapat digunakan sebagai indikator dalam

mengidentifikasi aktivitas metakognitif yang sedang terjadi dalam pikiran

seseorang. 

 

ABSTRACT

 

 

El Milla, Yulia Izza. 2015. Gestures of Undergraduate Students Based on

Metacognitive Activities in Proving Mathematical Statement. Thesis.

Mathematics Education Study Program Pascasarjana Universitas Negeri

Malang. Supervisor: (I) Dr. Subanji, M.Si, (II) Drs. Tjang Daniel Chandra,

M.Si, Ph.D.

 

Keywords:  gesture, metacognition, mathematical proof, undergraduate student,

collaboration.

 

The aim of this study was to investigate gesture based on metacognitive

activity. Thus, this study focused on gesture that emerged in a metacognitive

activity. It was based on the fact that gesture related to cognition. How people think

and talk mathematically are reflected in gestures. Moreover, metacognition is

someone’s knowledge about his/her cognition. Thereby, gesture related to

metacognition.

This study sets the metacognitive activity as social metacognitive. The results

came from 6 subjects that divided into 3 groups. Each groups given a non-spatial

task about mathematical proof. Every groups are suggested to solve the given task

by discussion. The subjects that were chosen were undergraduate students from

mathematics education in Universitas Negeri Malang that already passed the

subjects about mathematical proof. The subjects did think aloud when they

discussed to detect the gesture in metacognitive activity that emerged.

The metacognitive activity coded as metacognitive awareness, metacognitive

regulation, and metacognitive evaluation as Wilson’s classification about

metacognitive activities in problem-solving. The indicator of metacognitive activity

that is used to classify the metacognitive activities is the indicator by Magiera and

Zawojewski.  The gesture coded as iconic gesture, metaphoric gesture, deixis

gesture, and beat gesture as McNeill’s classification. The analysis resulted that there

are 333 corpus of gesture in metacognitive activity that collected from the 3 groups

when they discussed in this study. Iconic gesture, metaphoric gesture, and deixis

gesture completely emerged as subjects’ metacognitive awareness, metacognitive

regulation, and metacognitive evaluation activity occurred in each groups. The

metacognitive activity indicators that hold by each groups are different with each

other. This result showed that the emerged gestures indicate the metacognitive

activity that occur in the subject’s mind. The findings suggest that gesture can be

seen as indicator to identify the metacognitive activity that occur in someone’s

mind.