DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

The effects of Using Different Formats of Concept Mapping on the Quality of Idea for Expository Writing

Sri Wahyuni

Abstrak


Sari, Vina Budiarti Mustika.2015. Pengembangan Pembelajaran untuk Menanamkan Cinta Produk dalam Negeri.Tesis, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: 1) Dr. Mit Witjaksono, MS.Ed 2) Dr. Hari Wahyono, M.Pd

 

Kata Kunci :cinta produk dalam negeri, pembelajaran ekonomi

 

Sekolah memiliki peranan penting untuk mengajarkan ilmu dan menanamkan nilai pada siswa yang berlandaskan 18 butir pendidikan karakter.Salah satu pendidikan karakter yang seharusnya ditanamkan adalah cinta tanah air. Cinta tanah air dapat ditunjukkan dengan berbagai cara salah satunya yaitu dengan cinta produk dalam negeri. Kondisi yang terjadi di lapangan belum ada pembelajaran cinta produk dalam negeri di sekolah.Apabila dikaji lebih dalam pembelajaran cinta produk dalam negeri sangat penting dilaksanakan karena memiliki dampak yang besar terhadap pertumbuhan ekonomi dan kemandirian bangsa.Oleh karena itu salah satu upaya yang dilakukan penulis untuk menanamkan cinta produk dalam negeri adalah dengan mengembangkan pembelajaran cinta produk dalam negeri yang ditunjang dengan Lembar Kerja Siswa dan RPP.

Pengembangan pembelajaran cinta produk dalam negeri yang ditunjang dengan Lembar Kerja Siswa dan RPP ini menggunakan pendekatan Design Based Research (DBR) dengan melewati enam fase yaitu, melakukan identifikasi masalah, merumuskan produk berupa perangkat pembelajaran ekonomi dengan tema cinta produk dalam negeri, desain dan pengembangan perangkat pembelajaran, uji coba pengembangan perangkat pembelajaran dan menanamkannya, evaluasi kelayakan pengembangan perangkat pembelajaran, dan komunikasi hasil uji coba pengembangan perangkat pembelajaran.

. Penelitian pengembangan pembelajaran ini diujicobakan pada siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 8 Malang.Dari hasil penelitian ini diperoleh hasil bahwa pengetahuan siswa bertambah dibandingkan pada saat observasi awal.Setelah melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan penggunaan produk dalam negeri yang dikonsumsi siswa meningkat.Hal ini diketahui berdasarkan pekerjaan siswa dalam menyeleseikan tugas.

Berdasarkan hasil penelitian disarankan :(1) Perlu dilakukan pengembangan paket pembelajaran yang terdiri dari buku ajar, panduan siswa dan panduan guru yang dilengkapi dengan langkah-langkah atau strategi pembelajaran beserta rubrik penilaiannya. (2) Perlu dilakukan model serta strategi lain dalam pembelajaran untuk menanamkan cinta produk dalam negeri. (3) Hasil pengembangan diharapkan mampu dijadikan pertimbangan untuk menyajikan materi cinta produk dalam negeri di dalam kurikulum