DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

HUBUNGAN ANTARA GAYA BELAJAR, AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VI SD

Tri Astindari

Abstrak


ABSTRAK:Informasi tentang adanya gaya belajar yang berbeda-beda berhubungan dengan aktivitas dan hasil belajar dalam proses belajar mengajar dengan baik, karena masalah itu dianggap sulit dan membutuhkan waktu yang cukup lama. Siswa memiliki gaya belajar sendiri untuk menyerap, mengatur serta mengolah informasi. Selain itu siswa juga membutuhkan suatu perubahan dalam proses belajar mengajar agar siswa bisa lebih aktif di dalam pembelajaran.Variabel penelitian ini meliputi gaya belajar, aktivitas dan hasil belajar matematika. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VI di SD Nurul Anshor Situbondo Tahun Pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 65 siswa. Alat untuk mengumpulkan data dipergunakan angket yang telah memenuhi persyaratan validitas dan reliabilitas, dengan teknik analisa persentase dan korelasi.Hasil penelitian hubungan antara gaya belajar, aktivitas, dan hasil belajar dapat disimpulkan bahwa; (a) gaya belajar yang dimiliki siswa kelas VI SD Nurul Anshar adalah gaya belajar auditori, (b) aktivitas belajar siswa kelas VI SD Nurul Anshar dalam belajar matematika pada umumnya baik, (c) secara umum hasil belajar yang diperoleh siswa pada mata pelajaran matematika berkualitas baik dengan rerata 79,46, (d) ada hubungan yang positif dan signifkan antara gaya belajar visual dan hasil belajar matematika koefisien korelasinya sebesar 0,592, (e) ada hubungan yang positif dan signifikan antara gaya belajar auditori dengan hasil belajara dengan koefisien korelasinya sebesar 0,576, (f) ada hubungan yang positif dan signifikan antara gaya belajar kinestetik dengan hasil belajar dengan koefisien korelasinya sebesar 0,665, (g) ada hubungan yang positif dan signifikan antara aktivitas belajar dengan gaya belajar koefisien korelasinya sebesar 0,690.Saran yang dapat diajukan peneliti yaitu; (a) penelitian lanjutan dengan tidak mengambil data hasil ulangan dari guru, (b) guru memperhatikan gaya belajar yang dimiliki siswa dengan jenis-jenis aktivitas yang sesuai, (c) guru bimbingan dan konseling agar dapat memberikan layanan yang lebih intensif kepada para siswa.