DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

imbol Verbal Nilai Kependidikan dalam Tetralogi Laskar Pelangi.

sihyati .

Abstrak


ABSTRAK

 

Sihyati. 2015. Simbol Verbal Nilai Kependidikan dalam Tetralogi Laskar Pelangi. Disertasi, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr.  Maryaeni, M.Pd (II) Prof. Dr. Djoko Saryono, M.Pd, (III) Dr. Mudjianto, M.Pd.

 

Kata kunci: simbol verbal, nilai kependidikan, semiotika

 

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh realitas bahwa novel tetralogi Laskar Pelangi menjadi best seller di dalam dan luar negeri. Kehadirannya mengejutkan dunia sastra Indonesia, khususnya dunia pendidikan. Tetralogi Laskar Pelangi mengundang perhatian para pengamat sastra dan dunia pendidikan di Indonesia juga dunia terbukti dengan diterjemahkannya ke dalam beberapa bahasa asing

Penelitian ini secara umum berfokus pada penggunaan simbol verbal yang merepresentasikan nilai kependidikan dalam tetralogi Laskar Pelangi. Secara khusus  (1) Bentuk simbol verbal nilai kependidikan dalam Tetralogi Laskar Pelangi, meliputi (a) bentuk simbol nilai kependidikan yang mempunyai hubungan dan tanggung jawab terhadap sesama manusia, (b) bentuk simbol nilai kependidikan yang mempunyai hubungan dan tanggung jawab tentang lingkungan alam, dan (c) bentuk simbol nilai kependidikan yang mempunyai hubungan dan tanggung jawab terhadap Tuhan.        (2) Makna simbol verbal nilai kependidikan dalam tetralogi Laskar Pelangi, meliputi (a) makna simbol nilai kependidikan yang mempunyai hubungan dan tanggung jawab terhadap sesama manusia, (b) makna simbol nilai kependidikan yang mempunyai hubungan dan tanggung jawab tentang lingkungan alam, dan (c) makna simbol nilai kependidikan yang mempunyai hubungan dan tanggung jawab terhadap Tuhan.        (3) fungsi simbol verbal nilai kependidikan dalam tetralogi Laskar Pelangi, meliputi: (a) fungsi simbol nilai kependidikan yang mempunyai hubungan dan tanggung jawab terhadap sesama manusia, (b) fungsi simbol nilai kependidikan yang mempunyai hubungan dan tanggung jawab tentang lingkungan alam, dan (c) fungsi simbol nilai kependidikan yang mempunyai hubungan dan tanggung jawab terhadap Tuhan

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan semiotika untuk menganalisis dan menginterpretasikan semua aspek yang diteliti sehingga dalam proses dan hasilnya dapat dipertanggungjawabkan.  Data penelitian ini adalah data verbal berupa kutipan teks yang memiliki  simbol verbal nilai kependidikan dalam tetralogi Laskar Pelangi.

Sumber data penelitian  ini adalah novel tetralogi Laskar pelangi karya Andrea Hirata meliputi novel Laskar Pelangi (terbitan tahun 2008, cetakan kedua puluh enam), novel Sang Pemimpi (terbitan  tahun 2008, cetakan kedelapan belas), (3) novel Edensor (terbitan  tahun 2008, cetakan keempat belas), dan (4) novel Maryamah Karpov  (terbitan tahun 2009, cetakan kelima).

Kegiatan analisis penelitian ini adalah sebagai berikut, peneliti melakukan interpretasi pada data yang telah diidentifikasi, selanjutnya dilakukan pemaknaan data berdasarkan teori sastra secara urut sesuai fokus penelitian dan memberikan simpulan, kemudian dilakukan verifikasi temuan untuk memperoleh hasil penelitian untuk dideskripsikan sesuai dengan masing-masing fokus penelitian dan aspek-aspek yang ada di dalamnya.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk simbol verbal nilai kependidikan terhadap diri sendiri, Orang Lain, dan Kebersamaan ditemukan sejumlah simbol universal dan simbol partikular berbentuk  kata dan frasa. Bentuk simbol verbal nilai kependidikan tentang flora, fauna, dan  fenomena alam ditemukan simbol universal dan partikular berbentuk frasa. Bentuk simbol verbal nilai kependidikan tentang keyakinan terhadap Tuhan dan menjalankan Agama ditemukan sejumlah simbol universal dan partikular berbentuk kalimat dan frasa.

Makna simbol verbal nilai kependidikan terhadap diri sendiri, orang lain, dan kebersamaan ditemukan: makna esensial dalam konteks religi, makna esensial dalam konteks etika (akademik), makna figuratif  dalam konteks etika, dan makna ketidaksadaran dalam konteks etika. Makna simbol verbal nilai kependidikan tentang flora, fauna, dan fenomena alam ditemukan makna samar-samar atau makna figuratif dalam konteks estetika atau konteks budaya. Makna simbol verbal nilai kependidikan tentang keyakinan terhadap Tuhan dan menjalankan Agama ditemukan makna esensial atau makna hakiki dalam konteks religi.

 Fungsi simbol nilai kependidikan kemanusiaan yang mempunyai hubungan dan tanggung jawab terhadap diri sendiri, orang lain, dan kebersamaan ditemukan simbol sebagai fungsi partisipasi dan fungsi pengetahuan dalam kehidupan beragama. Fungsi simbol verbal nilai kependidikan tentang flora, fauna, dan fenomena alam ditemukan simbol verbal yang berfungsi sebagai mediasi dan memahami tradisi. Fungsi simbol verbal nilai kependidikan tentang keyakinan terhadap Tuhan dan menjalankan Agama, ditemukan simbol yang berfungsi sebagai pengetahuan dan partisipasi dalam kehidupan beragama. 

Simpulan garis besar dan saran diajukan dalam penelitian ini bahwa bentuk simbol tentang kemanusiaan, lingkungan alam, dan ketuhanan  pada umumnya berupa simbol-simbol universal dan partikular. Makna simbol verbal nilai kependidikan tentang kemanusiaan, lingkungan alam, dan ketuhanan  pada umumnya bermakna esensial, figuratif, dan ketidaksadaran. Fungsi simbol verbal nilai kependidikan tentang kemanusiaan, lingkungan alam, dan ketuhanan  pada umumnya berfungsi sebagai pengetahuan, perbedaan, partisipasi, mediasi, dan komunikasi.

Saran Kepada peneliti selanjutnya diharapkan dapat meneliti berbagai aspek yang belum terungkap melalui penelitian ini. Penulis sangat berharap penelitian ini dapat diteruskan pada aspek-aspek yang lebih mendasar. 

 kroskopik-Simbolik Pada Materi Ikatan Kimia.