DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Keefektifan Strategi Pembelajaran PDEODE untuk Memperbaiki Kesalahan Konsep Siswa pada Materi Larutan Asam dan Basa

Ulya Lathifa

Abstrak


ABSTRAK

 

Lathifa, Ulya. 2015. Keefektifan Strategi Pembelajaran PDEODE untuk Memperbaiki Kesalahan Konsep Siswa pada Materi Larutan Asam dan Basa. Tesis, Program Studi Pendidikan Kimia, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Suhadi Ibnu, M.A., Ph.D, (II) Dr. Endang Budiasih, M.S.

 

 Kata kunci  :  strategi pembelajaran PDEODE, kesalahan konsep, konsep asam-basa

 

Salah satu materi kimia yang diajarkan pada siswa SMA adalah larutan asam dan basa. Materi tersebut penting untuk dikuasai siswa karena konsep-konsep yang terkandung di dalamnya merupakan konsep dasar ilmu kimia. Akan tetapi banyak siswa mengalami kesulitan dan permasalahan dalam memahaminya, seperti terfragmentasinya pemahaman siswa, kesalahan dalam penggunaan simbol dan rumus matematika, kesulitan dalam memahami konteks larutan asam dan basa, penggeneralisasian konsep, serta adanya konsepsi awal yang tidak sesuai dengan pemahaman ilmiah. Kesulitan dan permasalahan tersebut dapat menjadi penyebab terjadinya kesalahan konsep pada siswa. Salah satu upaya untuk memperbaiki kesalahan konsep siswa adalah dengan menerapkan strategi PDEODE (Predict-Discuss-Explain-Observe-Discuss-Explain). Penelitian ini bertujuan untuk, (1) menghitung persentase siswa yang paham konsep, salah konsep, dan tidak paham konsep, (2) mengidentifikasi kesalahan-kesalahan konsep siswa pada materi larutan asam dan basa, (3) menguji keefektifan strategi pembelajaran PDEODE dalam memperbaiki kesalahan konsep siswa pada materi larutan asam dan basa, serta (4) mengukur retensi pemahaman konsep siswa pada materi larutan asam dan basa setelah diberikan perbaikan dengan menggunakan strategi pembelajaran PDEODE.

Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif untuk mengungkapkan pemahaman konsep dan retensi pemahaman konsep siswa. Selain itu juga digunakan rancangan praeksperimental one group pretes-postest design untuk menguji keefektifan strategi pembelajaran PDEODE dalam memperbaiki kesalahan konsep siswa pada. Sampel penelitian ini adalah 37 orang siswa kelas XI IPA 4 MAN 1 Kudus tahun ajaran 2014/2015. Instrumen tes memiliki validitas isi sebesar 91,67%. Berdasarkan hasil uji coba, 24 butir soal dinyatakan valid dan memiliki koefisien reliabilitas Cronbach’sAlpha sebesar 0,914. Kesalahan konsep diidentifikasi dengan menggunakan teknik CRI termodifikasi. Selain itu juga digunakan wawancara untuk mengetahui lebih dalam mengenai kesalahan konsep siswa. Retensi pemahaman konsep siswa diukur berdasarkan perbandingan jumlah soal yang dipahami siswa pada tes tunda dan postes, serta jumlah siswa yang konsisten paham konsep pada postes dan tes tunda. Keefektifan strategi pembelajaran PDEODE dalam memperbaiki kesalahan konsep siswa dapat dilihat dari analisis uji-t sampel berpasangan.

Hasil penelitian antara lain sebagai berikut: (1) telah terjadi perubahan yang signifikan terhadap tingkat kesalahan konsep siswa pada materi larutan asam dan basa setelah dilakukan perbaikan dengan menggunakan strategi pembelajaran PDEODE, yaitu a) hasil pretes menunjukkan 19% siswa paham konsep, 59% siswa salah konsep, dan 22% siswa tidak paham konsep; b) hasil postes menunjukkan 72% siswa paham konsep, 17% siswa salah konsep, dan 11% siswa tidak paham konsep; dan c) hasil tes tunda menunjukkan 66% siswa paham konsep, 23% siswa salah konsep, dan 11% siswa tidak paham konsep; (2) terdapat 45 jenis kesalahan konsep siswa pada konsep-konsep: a) karakteristik larutan asam dan basa, b) teori asam dan basa, c) kekuatan asam dan basa, d) reaksi netralisasi, dan e) pH larutan; serta (3) retensi pemahaman konsep siswa setelah satu bulan dilakukan perbaikan dengan menggunakan strategi PDEODE termasuk dalam kategori sangat baik.