DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Representasi Nilai Karakter Novel 9 Summer 10 Autumns, Dari Kota Apel ke Big Apple, Karya Iwan Setyawan

Siti Alifah

Abstrak


ABSTRAK

 

Alifah, Siti. 2015. Representasi Nilai Karakter Novel 9 Summers 10 Autumns Dari Kota Apel Ke Big Apple, Karya Iwan Setyawan. Tesis, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Pascasarjana Universitas  Negeri  Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Djoko Saryono, M.Pd (II) Dr. Yuni Pratiwi, M.Pd

 

 Kata kunci: representasi, nilai karakter, novel, 9 summer 10 autumns.

 

Nilai-nilai karakter dalam karya sastra mencerminkan pandangan pengarang terhadap nilai-nilai kebenaran yang ingin disampaikan. Untuk melihat nilai-nilai karakter tersebut perlu telaah karya sastra yang menitikberatkan pada telaahan nilai-nilai karakter. Maraknya persoalan-persoalan nilai karakter dan isu-isu nilai karakter yang berkembang dalam masyarakat, mendorong diadakannya penelitian ini, yang memilih kajian novel 9 Summers 10 Autumns Dari Kota Apel ke The Big Apple , karya Iwan Setyawan, yang merupakan novel inspiratif dari kisah nyata seorang Iwan Setyawan.  Cerita yang bertitik tolak dari fakta sosial, realitas yang pernah terjadi, dengan segala konflik batin serta konflik kondisi. Novel yang sangat menarik, penuh dengan kisah-kisah nyata, penuh kisah teladan yang mengharukan dan tentunya sarat akan representasi nilai karakter. Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan nilai karakter pada novel 9 Summers 10 Autumn Dari Kota Apel ke The Big Apple, karya Iwan Setyawan, yang berkenaan dengan (1) diri sendiri, (2) sesama manusia, (3) lingkungan, (4) Tuhan Yang Maha Esa, dan (5) kebangsaan.

Penelitian ini menggunakan rancangan kualitatif deskriptif. Peneliti merupakan instrumen utama untuk mengamati dan mendiskripsikan secara langsung dalam memperoleh data yang berupa interpretasi data tekstual  nilai-nilai karakter, paparan naratif dan dialog yang menggambarkan representasi nilai karakter. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan psikologis. Pendekatan psikologis adalah pendekatan yang bertolak dari pendapat bahwa karya sastra selalu saja membahas tentang peristiwa kehidupan manusia. Manusia senantiasa memperlihatkan perilaku yang beragam, bila ingin melihat dan mengenal manusia lebih dalam dan lebih jauh diperlukan psikologi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam novel novel 9 Summers 10 Autumn Dari Kota Apel ke The Big Apple, karya Iwan Setyawan, terdapat nilai karakter berkenaan dengan (1) diri sendiri, (2) sesama manusia, (3) lingkungan, (4) Tuhan Yang Maha Esa, dan (5) kebangsaan. Nilai karakter berkenaan dengan diri sendiri terwujud dalam nilai (1) jujur, (2) bertanggung jawab, (3) bergaya hidup sehat, (4) disiplin, (5) kerja keras, (6) percaya diri, (7) berjiwa wira usaha, (8) berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif, (9) mandiri, (10) ingin tahu, dan (11) cinta ilmu. Nilai karakter berkenaan  dengan sesama terwujud dalam nilai (1) perilaku sadar akan hak dan kewajiban diri dan orang lain, (2) menghargai karya dan prestasi orang lain, dan (3) santun. Nilai karakter berkenaan dengan lingkungan terwujud dalam nilai peduli lingkungan dan peduli sosial. Nilai karakter berkenaan dengan Tuhan Yang Maha Esa terwujud dalam nilai perilaku religius. Sedangkan nilai karakter berkenaan dengan kebangsaan terwujud dalam (1) nilai semangat kebangsaan dan (2) menghormati keberagaman.

Berdasarkan paparan dan hasil temuan, saran ditujukan untuk pihak berikut. Pertama pembaca, penelitian ini dapat menjadi referensi sekaligus menggugah minat untuk mempelajari dan menggali nilai-nilai karakter yang terdapat dalam karya sastra, serta mengambil pelajaran atau hikmah yang ada di dalamnya. Kedua  guru, penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia atau sebagai sumber bahan ajar terutama pada kegiatan apresiasi sastra yang dikaitkan dengan nilai-nilai karakter. Ketiga Siswa, sebagai materi untuk menambah wawasan dan pengembangan diri sesuai dengan karakter yang diinginkan. Keempat penulis karya sastra, agar lebih giat menulis karya sastra untuk menambah khasanah sastra Indonesia, terutama yang memiliki muatan nilai karakter kehidupan. Kelima peneliti selanjutnya, diharapkan penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan referensi dan rujukan untuk penelitian lanjutan tentang nilai karakter terhadap karya sastra untuk lebih memperkaya khasanah kajian sastra.