DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

A Prototype of Character-Based English Syllabus and Materials for Elementary School Students

Tinny Mayliasari Susilo

Abstrak


ABSTRAK

 

 

Tujuan dari penelitian ini adalah membuat wujud awal dari silabus dan materi bahasa Inggris yang berbasis pembentukan karakter untuk murid-murid  kelas empat sekolah dasar, untuk menjembatani kekosongan antara pentingnya pendidikan pembentukan karakter dan tidak adanya silabus dan materi bahasa Inggris yang berbasis karakter untuk siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan dengan tiga tahapan utama:  tahap penelitian awal melalui analisa kebutuhan, tahap pembuatan silabus dan materi, dan tahap validasi. Subjek penelitian melibatkan guru bahasa Inggris dan siswa kelas empat sekolah dasar di Malang.Data yang diperoleh pada tahap analisa kebutuhan menjadi dasar untuk pembuatan silabus dan materi bahasa Ingris yang berbasis karakter.        Untuk menilai informasi yang dibutuhkan sebagai dasar penulisan silabus, guru-guru bahasa Inggris yang ada di lima sekolah negeri dan lima sekolah swasta di lima kecamatan di kota Malang diwawancarai dan diminta untuk menjawab kuisioner. Hasil temuan dari data yang ada, yang dianalisa baik secara kualitatif maupun kuantitatif menunjukkan bahwa silabus dan materi bahasa Inggris yang berbasis karakter untuk siswa sekolah dasar dibutuhkan.Naskah silabus dan materi dievaluasi oleh seorang ahli. Setelah tahap validasi, materi diuji cobakan kepada siswa-siswa SD Lab di Malang dalam proses belajar mengajar. Sebanyak tiga puluh lima siswa kelas empat SD dilibatkan sebagai sumber data. Seperangkat kuisioner digunakan untuk mengumpulkan data untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan dari silabus dan materi tersebut. Data tersebut baik secara kuantitaif maupun kualitatif dipergunakan sebagai dasar masukan balik, untuk membuat revisi akhir dari silabus dan materi.Produk akhir, dalam bentuk silabus dan materi yang berupa buku ajar bahasa Inggris dianggap sesuai dan dapat dipergunakan dalam lingkup sekolah dasar. Produk tersebut membantu guru bahasa Inggris sebagai pelengkap dalam mengajar bahasa Inggris dan menolong mereka untuk mempraktekkan pendidikan pembentukan karakter dalam mengajar bahasa Inggris.