DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Learning Control dalam Pembelajaran menggunakan Media Web terhadap Hasil Belajar Bidang Studi Prosedural Pebelajar yang Memiliki Locus of Control Berbeda

Made Duananda Kartika Degeng

Abstrak


Penelitian tentang pengaruh learning control terhadap hasil belajar masih jarang disentuh oleh para pakar teknologi pembelajaran. Belum banyak temuan empirik yang mengungkapkannya, apalagi dalam interaksinya dengan variabel locus of control sebagai karakteristik mahasiswa yang penting dipertimbangkan dalam pengembangan pembelajaran. Atas dasar itu, maka tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan pengaruh variasi learning control (learner controldan designed control) dalam pembelajaran menggunakan media web terhadap hasil belajar  prosedural mahasiswa yang memiliki locus of control yang berbeda. Lebih rinci, tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan sekaligus mempreskripssikan  pengaruh learning control terhadap hasil belajar, pengaruh locus of control terhadap hasil belajar, dan pengaruh interaktif antar kedua variabel sebab terhadap hasil belajar.

            Pengujian keampuhan learning control dalam pembelajaran berbasis webterhadap hasil belajar pebelajar yang memiliki locus of control yang berbeda, dilakukan dengan menggunakan rancangan penelitian eksperimental. Sejalan dengan hipotesis-hipotesis yang  diajukan, maka rancangan eksperimental faktorial 2x2 yang tepat untuk dipakai.Subjek yang dilibatkan dalam eksperimen ini adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang angkatan 2014.Subjek penelitian diambil sebanyak dua kelas menggunakan teknik cluster. Untuk memenuhi persyaratan analisis data, menggunakan anova dua jalur, dipilih secara random dari setiap kelompok yang ada sebanyak 10 orang, sehingga total subjek yang dimasukkan dalam analisis sebanyak 40 orang mahasiswa. Instrumen tes locus of control dipakai untuk mengukur variabel locus of control yang dimiliki mahasiswa sehingga dapat membedakan antara mahasiswa yang memiliki locus of control internal dan eksternal, sedangkan untuk hasil belajar mengingat prosedur, dikembangkan tes hasil belajar yang diberikan di akhir perlakuan. Semua data dianalisis dengan teknik statistik Anova 2 jalur (2x2), yang perhitungannya menggunakan program komputer SPSSVersi 17.

Dari hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa:(1) tidak ada perbedaan hasil belajar antara kelompok mahasiswa yang menggunakan learner control dengan yang menggunakan design control, artinya, pembelajaran web bagi mahasiswa yang melakukan pilihan urutan prosedural bebas dalam memilih konten dibandingkan dengan yang ditetapkan oleh pembelajar tidak menunjukkan hasil belajar yang berbeda; (2) tidak ada perbedaan hasil belajar antara kelompok mahasiswa yang memiliki locus of control internal dibandingkan dengan mahasiswa yang memiliki locus of control external,artinya, mahasiswa yang memiliki kecenderungan belajar mandiri dengan melakukan penelusuran konten sesuai dengan urutannya tidak menunjukkan perbedaan dibandingkan mahasiswa yang belajar mengikuti penataan konten  yang diajarkan oleh pembelajar; (3) tidak ada interaksi antara learning control dan locus of control terhadap hasil belajar.

Atas dasar temuan tersebut, disarankan agar dalam pembelajaran menggunakan web, pembelajar secara bebas dapat memilih yang mana saja dari kedua perlakuan itu, apakah learner control atau design control. Atau sebaiknya, mahasiswa diberikan kebebasan memilih sendiri atau pengembang web secara terancang dapat mengembangkan keduanya untuk memberikan pilihan yang terbuka kepada mahasiswa. Demikian pula, kepada mahasiswa,  hendaknya diberikan kebebasan menggunakan media web yang terancang dengan mengikuti prosedur-prosedur yang baku atau urutan prosedural yang bisa dipilih sendiri. Lebih lanjut, untuk penelitian berikutnya disarankan agar cakupan isi pembelajaran yang dimasukkan dalam kandungan web diperluas;karena secara teoritik, makin luas cakupan isi pembelajaran,maka dugaan pengaruh yang dimunculkannya semakin nyata. Sebaiknya mencakup isi pembelajaran sekurang-kurangnya satu semester. Tipe isi yang terkandung dalam pembelajaran menggunakan media web sebaiknya lebih banyak menekankan pada tipe isi menggunakan dan menemukan prosedur. Dalam penelitian ini, hasil belajar yang diukur adalah tipe isi mengingat prosedur dan ditemukan tidak ada perbedaan pengaruh antara kedua perlakuan. Jadi, sebaiknya memilih pengujian perbedaan pengaruh kedua perlakuan menggunakan tipe isi konsep, prinsip, atau prosedur pada tingkat bukan mengingat tetapi menggunakan dan menemukan.