DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa SMA

Alfi Sahrina

Abstrak


ABSTRAK

 

Sahrina, Alfi. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa SMA. Tesis. Jurusan Pendidikan Geografi, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. H. Achmad Fatchan, M. Pd., M.P; dan (II) Prof. Dr. Budijanto, M.Sos.

 

 Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Hasil Belajar Geografi

 

 Model pembelajaran Problem Based Learning bertujuan mengembangkan kemampuan pemecahanan masalah serta membangun pengetahuan siswa secara mandiri. Fokus pembelajaran terletak pada pemecahan permasalahan yang bersifat autentik. Dengan menggunakan permasalahan autentik, pengetahuan yang ditemukan secara mandiri akan lebih melekat dalam ingatan. Hal ini dikarenakansemakin konkrit siswa mempelajari bahan pelajaran, maka semakin banyaklah pengalaman yang mereka dapatkan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar geografi siswa SMA. Rancangan penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Eksperimen) yang melibatkan kelompok kontrol dan eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Penentuan subjek penelitian berdasarkan nilai rata-rata UAS semester I yang hampir sama. Kelas XI IIS 1 sebagai kelas eksperimen yang memiliki nilai UAS sebesar 76,00 dan XI IIS 2 sebagai kelas kontrol yang memiliki nilai UAS sebesar 76,46. Instrumen penelitian berupa tes yang berbentuk esai. Data yang digunakan berupa gain score yang dianalisis dengan bantuan program SPSS 16,0 for windows.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh terhadap hasil belajar geografi siswa SMA. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata gain score kelas eksperimen sebesar 21,99 lebih besar dibandingkan dengan kelas kontrol sebesar 15,03. Hasil analisis uji-t menunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,012. Nilai tersebut lebih kecil dari 0,050 (p