DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Buku Ajar Sistem Komputer Berbasis Kurikulum 2013 untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) Kelas X SMKN 12 Malang

Muhammad Damaris Widigdya

Abstrak


ABSTRAK

 

Widigdya,Muhammad Damaris. 2014. Pengembangan Buku Ajar Sistem Komputer Berbasis Kurikulum 2013 untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) Kelas X SMKN 12 Malang. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang.

 

Kata Kunci: buku ajar, sistem komputer, Kurikulum 2013, Teknik Komputer Jaringan

 

Pada saat ini, tidak ada buku ajar Sistem Komputer berbasis Kurikulum 2013 yang relevan untuk SMK, baik dari Buku yang diterbitkan oleh Pemerintah maupun dari Buku dari perusahaan percetakan. Oleh karena itulah dibutuhkan suatu buku ajar yang dapat berperan sebagai sumber belajar utama Siswa, serta dapat digunakan oleh Siswa maupun Guru. buku ajar yang dikembangkan terintegrasi langsung dengan Kurikulum 2013, di mana tidak hanya mengutamakan aspek pengetahuan, namun juga mengajarkan aspek moral dan sosial. Buku ajar ini diimplementasikan pada jenjang pendidikan menengah kejuruan, yaitu SMK dan terfokus pada mata pelajaran Sistem Komputer untuk Kelas X, Program Keahlian produktif Teknik Komputer dan Jaringan.

Model pengembangan yang digunakan dalam mengembangkan buku ajar ini adalah Model pengembangan Borg and Gall (1983). Model pengembangan yang digunakan dalam pengembangan adalah langkah pengembangan Borg and Gall, yang terdiri dari: (1) identifikasi kebutuhan, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk, (4) uji coba perseorangan, (5) revisi, (6) uji coba validasi, (7) revisi dan (8) uji coba kelompok kecil.

Hasil uji validasi dan uji coba dari Ahli Materi menunjukkan tingkat kelayakan buku ajar ini sebesar 83,2%. Sedangkan pada Ahli Media menunjukkan persentase kelayakan sebesar 94,2%. Setelah dilakukan validasi Ahli, buku ajar ini diuji cobakan pada kelompok kecil yang memperoleh tingkat kelayakan sebesar 87,1%, serta hasil uji coba kelompok besar yang mendapatkan tingkat kelayakan sebesar 87,2%. Berdasarkan persentase tersebut, dapat disimpulkan bahwa buku ajar Sistem Komputer ini telah sangat valid dan layak untuk digunakan langsung dalam kegiatan pembelajaran di kelas, maupun kegiatan belajar Siswa secara mandiri.

 

ABSTRACT

 

Widigdya,Muhammad Damaris. 2014. Development of Textbook on Computer System Subject Based on Curriculum 2013 for Vocational High School X Grade’s Computer and Networks Engineering Expertise Programme in SMKN 12 Malang. Thesis, Department of Electrical Engineering, Engineering Faculty, State University of Malang. Advisor: (I) Dr. Ir. H. Syaad Patmanthara, M.Pd. (II) Didik Dwi Prasetya, S.T., M.T.

 

Kata Kunci:          textbook, Computer System, Curriculum 2013, Computer and Networks Engineering.

 

At this time, there is no textbook curriculum-based Computer System 2013, which is relevant to CMS, both from the book published by the Government and of the Book of the printing company. Therefore we need a textbook that can serve as the primary source of student learning, and can be used by students and teachers. Textbook that integrates directly with curriculum developed in 2013, in which not only give priority to aspects of knowledge, but also teach moral and social aspects. This textbook is implemented in vocational secondary education, ie vocational and focused on subjects Computer Systems for Class X, productive Expertise Program Computer Engineering and Networks.

Development models used in developing textbooks are model development Borg and Gall (1983). The model of development used in the development is a step in the development of Borg and Gall, consisting of: (1) identification of needs, (2) planning, (3) product development, (4) the trial of individuals, (5) a revision, (6) test try validation, (7) revision and (8) small group trial.

The result of the validation and testing of Matter Experts showed the feasibility of textbooks is at 83.2%. While at Media Experts showed the feasibility percentage of 94.2%. After validation of Experts, textbooks have been tested on a small group who gained eligibility rate of 87.1%, and the results of testing a large group who received the feasibility level of 87.2%. Based on these percentages, it can be concluded that the textbooks Computer Systems has a very valid and feasible to be used directly in the learning activities in the classroom, and student learning activities independently.