DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Buku Ajar Siswa Berbantuan Multimedia Sub Tema Keanekaragaman Hewan dan Tumbuhan dengan Pendekatan Saintifik untuk Kelas IV Sekolah Dasar

Titi Anjarini, Titi Anjarini

Abstrak


ABSTRAK

 

 

Anjarini, Titi. 2015. Pengembangan Buku Ajar Siswa Berbantuan Multimedia Sub Tema Keanekaragaman Hewan dan Tumbuhan dengan Pendekatan Saintifik untuk Kelas IV Sekolah Dasar. Tesis, Jurusan Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. I Wayan Dasna, M.Ed., M.Si., Ph.D., (II) Dr. I Made Suardana, S.Pd., M.Pd.

 

Kata Kunci: Buku Ajar Siswa, Multimedia, Sub Tema Keanekaragaman Hewan dan Tumbuhan, Pendekatan Saintifik.

 

          Selama ini guru hanya menggunakan buku ajar guru dan buku ajar siswa tanpa menggunakan buku pendamping lain, khususnya pada sub tema “Keanekaragaman Hewan dan Tumbuhan”. Berdasarkan analisis kebutuhan di lapangan, siswa kesulitan dalam menyebutkan nama hewan dan tumbuhan beserta daerah asalnya. Kesulitan siswa tersebut dapat menyebabkan hambatan dalam pembelajaran mendeskripsikan hewan dan tumbuhan. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini untuk mengembangkan buku ajar siswa berbantuan multimedia untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar.

        Model pengembangan buku ajar siswa berbantuan multimedia sub tema “Keanekaragaman Hewan dan Tumbuhan” dengan pendekatan saintifik untuk kelas IV sekolah dasar ini menggunakan model ASSURE. Secara garis besar model ini terdiri atas enam langkah, yaitu (1) analisis karakteristik siswa, (2) menetapkan tujuan pembelajaran, (3) memilih strategi, teknologi dan media, (4) memanfaatkan teknologi, media dan materi, (5) melibatkan siswa dalam kegiatan belajar, (6) evaluasi dan perbaikan. Draft hasil produk divalidasi oleh ahli media, ahli materi dan ahli bahasa. Uji coba pada aspek keefektifan produk dilakukan pada guru dan siswa dan dilanjutkan dengan revisi, sehingga didapatkan produk akhir yaitu buku ajar siswa berbantuan multimedia untuk kelas IV Sekolah Dasar.

Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan buku ajar siswa dan buku ajar panduan guru. Buku ajar siswa berisi materi tentang hewan dan tumbuhan khas yang ada di 33 provinsi di Indonesia, sedangkan buku ajar panduan guru berisi langkah-langkah pelaksanaan kegiatan pembelajaran yang dilengkapi multimedia. Hasil uji ahli media dan ahli materi menunjukkan kriteria sangat valid, dengan rata-rata 90%. Hasil uji ahli bahasa menunjukkan kriteria cukup valid, dengan skor 84%. Hasil uji keefektifan guru terhadap produk menunjukkan kriteria sangat efektif, dengan skor 92%. Hasil uji coba perorangan dan lapangan pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotor menunjukkan kriteria sangat efektif, dengan skor rata-rata kognitif 90%, skor rata-rata afektif 87% dan skor rata-rata psikomotor 88%. Hasil angket motivasi pada uji coba perorangan dan lapangan menunjukkan kriteria sangat menarik dengan skor rata-rata 87%. Disarankan agar produk ini dikembangkan lebih lanjut pada penelitian tentang buku ajar siswa berbantuan multimedia untuk kelas IV Sekolah Dasar yang lebih berkualitas dan dapat digunakan sebagai perangkat pembelajaran dalam penelitian tindakan kelas (PTK).