DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perangkat Asesmen Menulis Teks Eksposisi untuk Mengembangkan Berpikir Kritis Siswa SMP

Nur Khoiri

Abstrak


ABSTRAK

 

Khoiri, Nur. 2015. Perangkat Asesmen Menulis Teks Eksposisi untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Tesis, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Imam Agus Basuki, M. Pd., (II) Dr. Endah Tri Priyatni, M. Pd.

 

Kata kunci: asemen menulis, teks eksposisi, berpikir kritis

 

Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu keterampilan penting yang diperlukan dalam kehidupan yang semakin kompetitif. Keterampilan berpikir kritis disyaratkan sebagai kompetensi utama yang harus dimiliki untuk berperan efektif dalam meraih sukses di abad informasi ini. Orientasi pembelajaran dengan kemampuan berpikir kritis dimaksudkan untuk menyiapkan siswa menghadapi berbagai kompleksitas tantangan kehidupan yang seiring dengan kemajuan zaman yang semakin mengglobal. Untuk memenuhi tuntutan tersebut idealnya pondasi berpikir kritis harus menjadi landasan utama dalam setiap kegiatan pembelajaran.Oleh karena itu, dalam penelitian ini dikembangkan sebuah perangkat penilaian yang dapat digunakan untuk mengukur proses maupun hasil pembelajaran menulis untuk pengembangan berpikir kritis di tingkat SMP.

Terdapat dua tujuan pengembangan yang menjadi fokus dalam penelitian ini, yaitu (1) mengembangkan perangkat asesmen menulis teks eksposisi untuk mengembangkan berpikir kritis siswa SMP dan (2) menguji tingkat kelayakan produk asesmen, yakni menguji tingkat validitas dan reliabilitas produk menulis teks eksposisi untuk mengembangkan berpikir kritis siswa SMP.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan. Pendekatan penelitian dan pengembangan yang didasarkan atas tujuan utama, yaitu untuk menghasilkan sebuah produk berupa pengembangan perangakat asesmen pada pembelajaran menulis teks eksposisi untuk mengembangkan berpikir kritis yang dapat dipertanggungjawabkan kevalidan, reliabilitas, dan kelayakannya.

Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan prosedural Thiargarajan. Thiargarajan merumuskan empat tahap penelitian dan pengembangan yang disingkat dengan 4D, yaitu  Define, Design, Develop, and Disseminate. Produk yang dihasilkan dalam penelitian pengembangan ini adalah buku perangkat asesmen menulis teks eksposisi untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa SMP. Perangkat penilaian disusun berdasarkan tahapan berpikir kritis Peter A Facione dan pengembangan teks eksposisi dari Mark Anderson dan Kathy Anderson.

Berdasarkan hasil uji validitas dan reliabilitas diketahui bahwa perangkat penilaian yang dikembangkan dalam penelitian ini valid dan reliabel untuk diterapkan dalam pembelajaran menulis teks eksposisi untuk pengembangan berpikir kritis siswa SMP. Validitas dan reliabilitas alat penilaian proses maupun hasil yang dikembangkan dalam penelitian ini mencapai persentase lebih dari 80%. Penerapan alat penilaian yang dikembangkan diujicobakan di SMP Hasanuddin 01 Wajak, terbukti reliabel dengan uji reliabilitas antarkorektor . Hasil pengembangan dan uji coba yang bersifat positif menunjukkan bahwa produk ini layak digunakan dan disebarluaskan.

Adapun upaya-upaya penyebarluasan produk yaitu melalui forum MGMP dengan cara yang positif, yakni diskusi dan workshop. Penyebarluasan melalui forum MGMP memberi dampak positif karena para guru akan memperoleh alternatif alat penilaian pembelajaran menulis dan bahan diskusi, guru-guru akan menemukan kelebihan dan kekurangan produk yang ada agar suatu saat ketika mereka hendak menyusun perangkat penilaian menulis, kekurangan-kekurangan tersebut tidak terulang kembali. Selain itu, melalui forum ini produk juga bisa dijadikan sebuah model penilaian pembelajaran menulis bagi guru.