DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kontribusi Kompetensi dan Pengalaman Mengajar terhadap Motivasi Kerja dan Kinerja Guru serta Dampaknya Pada Hasil Belajar Siswa

Hermin Arista

Abstrak


ABSTRAK

 

Arista, Hermin. 2015. Kontribusi Kompetensi dan Pengalaman Mengajar terhadap Motivasi Kerja dan Kinerja Guru serta dampaknya pada Hasil Belajar Siswa. Tesis, Program Studi S2 Pendidikan Kejuruan, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing:  (I) Dr. Eddy Sutadji, M.Pd, dan (II) Dr. Hakkun Elmunsyah, M.T.

 

Reformasi di  bidang pendidikan kejuruan, menuntut perubahan karakter guru  yang ada selama ini  terbiasa dengan  pola kepemimpinan instruksi, semua serba diatur dari atas, guru kehilangan kreativitas. Padahal untuk mampu bersaing di  era global,  yang serba canggih, era yang menuntut tingkat adaptasi yang tinggi terhadap perubahan, memerlukan guru yang mempunyai motivasi dan kinerja tinggi. Kompetensi yang harus dimiliki guru meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dan kontribusi antara variabel eksogen terhadap variabel endogen. Variabel eksogen pada penelitian ini adalah kompetensi pedagogik (X1), kompetensi kepribadian dan sosial (X2), dan pengalaman mengajar guru (X3). Variabel endogen pada penelitian ini adalah motivasi kerja guru (Y1), kinerja guru(Y2), dan hasil belajar siswa (Z).

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex-post facto. Sampel yang digunakan adalah 64 guru SMK N Kompetensi Keahlian Teknik Elektronika Industri di Kabupaten Malang dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, dokumentasi, angket, wawancara, dan observasi. Penelitian ini menggunakan analisis jalur (path analysis) dengan model dekomposisi unuk mengetahui pengaruh langsung maupun tidak langsung seperangkat variabel bebas (eksogen) terhadap variabel terikat (endogen). Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan inferensial dengan program SPSS for windows versi 18.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik; kompetensi kepribadian dan sosial; dan pengalaman mengajar guru berkontribusi secara signifikan (97,5%) terhadap motivasi kerja guru, (98,3%) terhadap kinerja guru, dan (98,8%) terhadap hasil belajar siswa. Secara umum 99,8% berkontribusi secara signifikan terhadap hasil belajar siswa dan 0,2% dipengaruhi faktor-faktor lain. Hasil penelitian ini diharapkan dapat ditindaklanjuti oleh pihak sekolah dan dinas pendidikan Kabupaten Malang guna peningkatkan  kinerja guru dan hasil belajar siswa.

 

Kata kunci: kompetensi guru, pengalaman mengajar guru, motivasi kerja guru, kinerja guru, hasil belajar siswa