DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pematangan Emosi Model DVD Experiential Learning Untuk Siswa SMA

Andreas Setiawan

Abstrak


ABSTRAK

 

Setiawan, Andreas. 2015. Pengembangan Media Pematangan Emosi Model DVD

Experiential Learning untuk Siswa SMA. Tesis, Program Studi Bimbingan

dan Konseling, Pascasarjana Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (I)

Dr. H. Andi Mappiare-AT, M.Pd., (II) Dr. Hj. Muslihati, S.Ag., M.Pd.

 

Kata Kunci: media, kematangan emosi, experiential learning.

 

 Kedudukan media dalam pelaksanaan layanan bimbingan di sekolah adalah

sebagai sarana pembawa pesan yang berkaitan dengan bimbingan dan konseling.

Media dapat menarik minat dan perhatian siswa sehingga layanan bimbingan menjadi

lebih efektif dalam memfasilitasi pencapaian tugas perkembangan siswa khususnya

berkaitan dengan kematangan emosi. Tujuan penelitian ini secara rinci adalah: 1)

diperoleh deskripsi mengenai format media yang dapat diterima oleh ahli media dan

pengguna; 2) diperoleh deskripsi mengenai isi media yang dapat diterima oleh ahli

BK, guru BK/Konselor dan dapat digunakan untuk mengembangkan kematangan

emosi siswa SMA. Dari ketercapaian tujuan tersebut dihasilkan sebuah media

pematangan emosi model DVD experiential learning bagi siswa SMA sebagai

produk penelitian ini.

 Penelitian ini menggunakan rancangan pengembangan Borg & Gall (1983)

melalui tahap-tahap sebagai berikut: 1) studi pendahuluan; 2) pengembangan media;

dan 3) penilaian media. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner

dan wawancara. Data yang diperoleh berupa data angka dan data non angka/verbal.

Data angka dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Data non angka/verbal

dianalisis dengan mendeskripsikan data kemudian menarik kesimpulan dari deskripsi

tersebut.

 Hasil penelitian menunjukan bahwa media pematangan emosi model DVD

experiential learning bagi siswa SMA dinilai layak diterima sebagai media

bimbingan dan pematangan emosi siswa SMA. Media pematangan emosi model

DVD experiential learning terdiri dari DVD yang berisi tiga video dengan tema

pematangan emosi marah, takut, dan cinta, serta sebuah panduan media untuk guru

BK/Konselor.

 Saran dalam penelitian ini adalah guru BK/Konselor hendaknya dapat

menggunakan media pematangan emosi model DVD experiential learning sebagai

media dalam memberikan layanan dasar, bidang bimbingan pribadi dan sosial dengan

menggunakan strategi bimbingan kelompok. Bagi guru BK/Konselor dapat

menggunakan media ini untuk melakukan penelitian tindakan bimbingan dan

konseling, bagi peneliti lanjutan dapat menguji keefektivan media ini untuk

meningkatkan kematangan emosi siswa SMA. 

 

ABSTRACT

 

Setiawan, Andreas. 2015. Construction of DVD Media with Experiential Learning

Model to Emotional Maturity Senior High School Student’s. Thesis, Guidance

and Counseling Program, Graduate University of Malang, Advisor: (I) Dr. H.

Andi Mappiare-AT, M.Pd., (II) Dr. Hj. Muslihati, S.Ag., M.Pd.

 

Keywords: media, emotional maturity, experiential learning.

 

The position of media in the implementation of guidance and counseling

services in schools is as tools to bring the guidance and counseling message. Media

can interest, student attention’s, and make guidance services to be more effective in

order to facilitate students to achieve the development task, especially with regard to

the development of emotional maturity. The purpose of this study in details are: 1)

obtained a description of media format that can be accepted by media experts and

users; 2) obtained a description of contents of media that can be accepted by a

guidance and counseling expert, users, and can be used to develop senior high school

students emotional maturity. The achievement of this goals will produced a DVD

media with experiential learning model to emotional maturity as research products.

This study uses Borg & Gall (1983) development design with the following

stages: 1) a preliminary study; 2) media development; and testing the media. Data

collection techniques were used questionnaires and interviews. Data obtained in the

form of numeric data and non numeric data /verbal data. Data were analyzed used

descriptive statistics. Non numeric data/verbal data were described and drew a

conclusion from the description.

The results showed that the emotional maturity media DVD model

experiential learning proved feasible accepted as a media of guidance and counseling

for senior high school students to develop emotional maturity. The emotional

maturity media DVD model experiential learning consists of a DVD containing three

videos with the theme of the maturation of the emotion of anger, fear, love, and

media directions of emotional maturity media DVD model experiential learning for

guidance and counseling teacher/counselor.

Suggestions which is submitted from this study is guidance and counseling

teacher/counselor should use the emotional maturity media DVD model experiential

learning as a media for guidance curriculum, in personal and social development by

using the group guidance strategy. For guidance and counseling teacher/counselor can

use the media to guidance and counseling action research design, for the next

researchers can examine effectiveness the media to increase student emotional

maturity.