DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PETA TEMATIK DIGITAL PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X SMA UNTUK TOPIK MITIGASI DAN ADAPTASI BENCANA ALAM

Anita Eka Putri

Abstrak


ABSTRAK

 

Putri, Anita Eka. 2015. Pengembangan Multimedia Peta Tematik Digital Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas X SMA Untuk Topik Mitigasi danAdaptasi Bencana Alam. Tesis. Program Studi Pendidikan Geografi,Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr.Sugeng Utaya, M.Si., (II) Drs. I Komang Astina, Ph.D

 

Kata Kunci: Multimedia, Peta Tematik, Mitigasi, Adaptasi, Bencana Alam

Penelitian dan pengembangan ini didasari dari kebutuhan siswa dan guruyang terbatas pada media pembelajaran untuk tema mitigasi dan adaptasi bencanaalam. Dari keterbatasan tersebut dilakukan analisis tentang kebutuhan materi yangterdiri dari analisis Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar, Indikator danpenyusunan tujuan pembelajaran serta analisis kebutuhan siswa terhadap mediapembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk mediapembelajaran dengan topik materi mitigasi dan adaptasi bencana alam untuk siswakelas X SMA. Uji coba dilakukan di SMA Negeri 8 Malang kelas X IPS 3 dengansubjek ujicoba sebanyak 30 siswa. Dari proses ujicoba tersebut dianalisis denganmenggunakan deskriptif. 

Hasil uji coba lapangan menunjukkan penerimaan siswa terhadap produkmultimedia yang terdiri dari fungsi gambar mencapai 88,89% (sangat efisien),teks 87,41% (sangat efisien), suara 84,07% (efisien), video 90,37% (sangatefisien), dan fungsi keseluruhan media 92,22% (sangat efisien). Merujuk padakatagori kelayakan yang dikembangkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan(2006), skor tersebut dapat dikatagorikan efisien. Oleh karena itu, produkmultimedia pembelajaran sudah layak digunakan dan dapat dimanfaatkan olehsiswa dan guru.

Beberapa saran untuk dilakukan pengembangan selanjutnya, yaitu: (1)produk multimedia peta tematik digital yang dikembangkan masih sederhana,dengan resolusi yang kecil sehingga untuk pengembangan selanjutnya dapatdisajikan dengan resolusi yang lebih besar; (2) produk multimedia pembelajarandapat ditambahkan dengan software lain agar lebih inovatif, disajikan denganhalaman online sehingga lebih mudah di update oleh penggunanya; (3) penyajianpeta dan informasi masih bersifat umum sehingga perlu data yang lebih lengkapuntuk menunjang informasi yang lebih terkini yang terkait dengan kebencanaan;