DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

pengembangan pembelajaran ekonomi bernuansa pasal 33 ayat 1 UUD 1945

RatriKusuma Wardhani

Abstrak


ABSTRAK

 

Wardhani, RatriKusuma. 2015. Pengembangan Pembelajaran Ekonomi Bernuansa Pasal 33 Ayat 1 UUD 1945. Tesis, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Pasca Sarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Hj. Sri UmiMintartiWidjaja, S.E., M.P., Ak.,(2) Dr. MitWitjaksono, MS.Ed.

 

Kata kunci :Ekonomi, Pembelajaran, Pasal 33 ayat 1

Ekonomi merupakan pembelajaran yang mengajarkan tentang kehidupan sehari-hari yang ada dilingkungan sekitar kita.Pembelajaran ekonomi yang terjadi saat ini lebih banyak mengajarkan tentang nilai-nilai liberalis atau individualis yang berasal dari luar, ini mengakibatkan kurangnya nilai kebersamaan dan kerjasama dalam dir isiswa oleh sebab itu pembelajaran bernuansa pasal 33 ayat 1 dibutuhkan untuk menumbuhkan kembali semangat kebersamaan dan kekeluargaan pada siswa..

Untuk menciptakan situasi belajar yang diharapkan desain pembelajaran dirancang dengan pendekatan kooperatif dalam proses pembelajaran ekonomi pada setiap siswa. Pembelajaran ini dilaksanakan sebagai peristiwa usaha bersama siswa dalam bentuk kegiatan diskusi terbuka  untuk mendapatkan informasi seluas-luasnya dalam menciptakan solusi berpikir upaya pemecahan masalah.Adapun asumsi dikembangkannya pembelajaran ekonomi bernuansapasal 33 ayat 1 didasarkan dari pengkajian lanjutan yang didapatkan dari hasil analisis kebutuhan.

Tujuan penelitian pengembangan ini adalah mengubah cara berpikir, sikap, serta keterampilan berpikir kritis siswa yang berlandaskan pasal 33 ayat 1 serta menghasilkan perangkat pembelajaran ekonomi. Penelitian ini menggunakan model pengembangandesign based research (DBR) dengan enam fase pengembangan yaitu: (1) Identifikasi masalah, (2) Merumuskan produk pengembangan yang berkolaborasi dengan praktisi, (3) Desain dan pengembangan pembelajaran, (4) Ujicoba prototipe pembelajaran ekonomi bernuansa pasal 33 ayat 1, (5) Mengevaluasi kelayakan prototipe pembelajaran ekonomi, (6) Penyempurnaan prototipe pembelajaran ekonomi bernuansa pasal 33 ayat 1 dan mengkomunikasikannya.

Hasilakhirdaripengembanganekonomibernuansapasal 33 ayat 1 UUD 1945 adalahskenario pembelajaran dan lembar Kerja untuk Siswa.Budaya kekeluargaan yang tercipta dalam pembelajaran ekonomi yang dapat dilihat dari cara siswa mengerjaka ntugas kelompok, menyelesaikan masalah secara musyawarah untuk mencapai mufakat merupakan hasil dari perubahan sikap siswa yang merupakan hasil dari pembelajaran ekonomi yang bernuansa pasal 33 ayat 1 UUD 1945.