DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model Pembelajaran Demonstrasi Diskusi terhadap Keterampilan Menulis Teks Diskusi Siswa Kelas VIII SMPN 10 Malang

Erisy Syawiril Ammah

Abstrak


ABSTRAK

Ammah, Erisy Syawiril. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Demonstrasi Diskusi terhadap Keterampilan Menulis Teks Diskusi Siswa Kelas VIII SMPN 10 Malang. Tesis, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Dawud, M.Pd, (II) Dr. Kusubakti Andajani, M.Pd.

 

Kata kunci: model pembelajaran demonstrasi diskusi, keterampilan menulis teks diskusi.

 

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran demonstrasi diskusi terhadap keterampilan menulis teks diskusi siswa kelas VIII SMP. Keterampilan menulis teks diskusi  dilihat berdasarkan keterampilan menulis orientasi isu, pendapat mendukung, pendapat menolak, dan simpulan/saran. Keterampilan menulis teks diskusi penting dikuasai karena mengarahkan siswa untuk berpikir kritis dan peka terhadap isu/permasalahan di masyarakat.

Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 10 Malang dengan melibatkan dua kelas, pertama sebagai kelas eksperimen dan kedua sebagai kelas kontrol. Dua kelas tersebut sebelumnya diberikan prates untuk melihat kemampuan awal siswa menulis teks diskusi. Setelah itu, kedua kelas diberikan perlakuan, kelas eksperimen dengan model pembelajaran demonstrasi diskusi dan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Setelah perlakukan, kedua kelas diberikan pascates untuk melihat pengaruh model pembelajaran yang telah diterapkan dan dibandingkan hasilnya.

Rancangan penelitian ini adalah quasi experimen dengandesain nonequivalent control group.Populasi penelitianadalahseluruhsiswakelasVIII SMPN 10 Malang Tahun Pelajaran 2014/2015. Sampelpenelitianadalah kelas VIIIA (kelas eksperimen, 33 siswa) dan VIIIB (kelas kontrol, 34 siswa).Pengambilan sampel dengan teknik cluster random sampling. Instrumen pengukuran yang digunakanadalah tes menulis danrubrikpenilaian.Uji coba instrumen dilakukandenganvaliditas empirisdanreliabilitas. Pengumpulan datadilakukanmelaluitiga tahap, yaitu (1) tahappersiapan, (2) tahappelaksanaan, dan (3) tahapakhir. Teknik analisis datadilakukandengan,(1) uji normalitas, (2) uji homogenitas varian data, dan (3) uji hipotesis. Uji normalitas dilakukan dengan tes Kolmogorov-Smirnov. Analisis statistik dilakukan dengan uji Independent Samples T-test pada skor pascates kelas eksperimen dan kelas kontrol.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapatperbedaan yang signifikanskorpascates keterampilan menulisorientasiisuteks diskusi kelaseksperimendankelaskontrol(p < 0,01). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran demonstrasi diskusi berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan menulis orientasi isu teks diskusi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapatperbedaansignifikanskorpascatesketerampilan menulis pendapatmendukungteks diskusi kelaseksperimendankelaskontrol(p < 0,05). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran demonstrasi diskusi berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan menulis pendapat mendukung teks diskusi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapatperbedaan yang signifikanskorpascatesketerampilanmenulispendapatmenolak teks diskusikelaseksperimendankelaskontrol(p < 0,01). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran demonstrasi diskusi berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan menulis pendapat menolak teks diskusi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapatperbedaan yang signifikanskorpascatesketerampilanmenulissimpulan/saran teksdiskusikelaseksperimendankelaskontrol (p < 0,01). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran demonstrasi diskusi berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan menulis simpulan/saran teks diskusi.

Saran bagi guru bahasa Indonesia, khususnya guru SMPN 10 Malang,  diharapkan agar menggunakan model pembelajaran demonstrasi diskusi untuk mengoptimalkan keterampilan menulis teks diskusi siswa kelas VIII.

Saran bagi peneliti lain, hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan landasan untuk melakukan penelitian, khususnya terkait dengan model pembelajaran demonstrasi diskusi. Peneliti lain yang mengaplikasikan model pembelajaran demonstrasi diskusi, dapat melakukan penelitian dengan mengambil data dari beberapa sekolah sehingga diperoleh data yang benar-benar valid.