DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2015: SEMESTER 1

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

. Kecenderungan Perilaku Konsumsi Berdasarkan Latar Belakang Penghasilan Orang Tua dan Teman Dekat Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 2 Malang

MEGA CITRA DARMASTUTI

Abstrak


ABSTRAK

 

Darmastuti, Mega Citra. 2015. Kecenderungan Perilaku Konsumsi Berdasarkan Latar Belakang Penghasilan Orang Tua dan Teman Dekat Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 2 Malang. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang, Pembimbing (I) Dr. Nasikh, S.E., M.P., M.Pd (II) Drs. H. Achmad Ali Wafa, M.Pd.

Kata Kunci: Penghasilan Orang Tua, Teman Dekat, Perilaku Konsumsi.

Manusia mempertahankan hidupnya dengan cara memenuhi kebutuhan yaitu menghabiskan nilai guna suatu barang yang disebut konsumsi. Dalam berkonsumsi, manusia dapat bersikap rasional maupun irrasional. Terkait dengan kecakapan hidup siswa SMA,  Perilaku irasional sering ditemui pada usia remaja karena dalam berkonsumsi, mereka cenderung mengkonsumsi suatu barang didasari pada pemenuhan kepuasan dan keinginannya bukan untuk memenuhi kebutuhan. Faktor- faktor yang mempengaruhi rasionalitas berkonsumsi dalam pembahasan penelitian ini yaitu penghasilan orang tua dan teman dekat.

Rancangan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskripsi analisis. Jenis data yang digunakan adalah data primer dimana data tersebut bersumber dari kuisioner yang diberikan dan diisi oleh siswa dan data sekunder dimana data diperoleh dari guru BK SMA Negeri 2 Malang. Sumber data pada penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS SMA Negeri 2 Malang, dimana pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan metode proportional random sampling, dengan jumlah responden 116. Metode penelitian mengunakan metode survey dengan teknik kuisioner dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis Chi-Square.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada sampel yang telah ditentukan memiliki perilaku konsumsi yang rasional sebanyak 93 responden dengan persentase 80,2 %. Penghasilan orang tua sangat tinggi sebanyak 45 responden dengan prosentase 39 %, dan teman dekat yang tidak terikat sebanyak 85 responden dengan persentase 73,3 %. Dari analisis data menggunakan Chi-Square dengan bantuan program SPSS16.0 for Window menunjukkan bahwa: (1) Ada hubungan positif antara kecenderungan perilaku konsumsi dengan penghasilan orang tua siswa kelas XII IPS SMA Negeri 2 Malang. Dilihat dari siswa yang mempunyai penghasilan orang tua sangat tinggi akan cenderung bersifat rasional dalam berkonsumsi. (2) Ada hubungan positif antara kecenderungan perilaku konsumsi pada teman dekat siswa kelas XII SMA Negeri 2 Malang. Dimana intensitas bergaul dengan teman dekat siswa terbatas hanya disekolah, selain itu dikarenakan siswa dalam bergaul dan menyesuaikan diri dengan teman-temannya mampu menentukan tindakan sendiri tanpa mengorbankan identitas pribadinya. Saran bagi guru hendaknya tetap memberikan arahan dan membantu siswa dalam berkonsumsi dengan baik. Contohnya guru menasehati siswa untuk tidak memanfaatkan uang saku yang diberikan orang tua untuk hal-hal yang tidak bermanfat seperti berfoya-foya.